Berita Kabupaten Ende Terkini

Cegah Korupsi ! DPRD Ende Pasang CCTV

mencegah adanya tindak pidana korupsi di antara kalangan anggota dewan dengan pihak ketiga yang berurusan dengan anggota dewan maupun pihak Sektariat

Cegah Korupsi ! DPRD Ende Pasang CCTV
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Ketua DPRD Ende,Herman Y Wadhi

 Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Untuk mencegah adanya tindak pidana korupsi di antara kalangan anggota dewan dengan pihak ketiga yang berurusan dengan anggota dewan maupun pihak Sektariat Dewan dengan anggota DPRD Kabupaten Ende serta menindaklanjuti permintaan dari KPK RI, DPRD Kabupaten Ende memasang 12 unit CCTV di gedung DPRD Kabupaten Ende.

Ketua DPRD Kabupaten Ende, Herman Yoseph Wadhi mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Jumat (30/11/2018) di Ende.

Pria yang akrab dipanggil Hery Wadhi mengatakan pelaksanaan pemasangan CCTV di gedung DPRD Kabupaten Ende sebagai bagian dari transparasi kepada publik terutama dalam penggunaan anggaran di DPRD Kabupaten Ende sehingga dengan demikian tidak terjadi penyimpangan anggaran baik oleh anggota DPRD dengan pihak ketiga maupun dengan pihak sektariat.

Deman Berdarah Berkecamuk di Kota Pariwisata Labuan Bajo! Korban Bertambah 5 Orang

Pencurian Uang Rp 50 Juta di Kantor Pos! Polres Lembata Lapor ke Polda NTT

Kamera CCTV yang dipasang tersebut tersambung dengan 4 ruang monitor atau pemantau masing-masing di tiga ruangan pimpinan DPRD Kabupaten Ende serta 1 di ruangan Sektaris Dewan DPRD Kabupaten Ende.

“Setiap ruangan akan saling tersambung sehingga baik pimpinan dewan dan pihak sektariat dewan akan saling memonitor meskipun Sekwan lebih fokus kepada para pegawai yang bekerja di Kantor DPRD Kabupaten Ende,”kata Hery Wadhi.

Hery Wadhi mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik pelaksanaan pemasangan kamera CCTV tersebut sehingga dengan demikian berbagai tindak pidana korupsi juga bisa dicegah sejak dini.

Sekjen Pusat Kajian dan Advokasi Masyarakat (Pusam) Oscar Vigator Wollo mengatakan pihaknya mengapresiasi pelaksanaan pemasangan kamera CCTV di gedung DPRD Kabupaten Ende sehingga dengan demikian dapat memonitor perilaku nakal oknum anggota dewan yang kerap bertingkah dalam urusan proyek.

“Sudah bukan rahasia lagi kalau ada oknum anggota dewan yang kerap bermain-main dengan proyek maka dengan adanya kamera CCTV maka hal itu setidaknya dapat diredam,”kata Oscar.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat terutama para rekanan agar jangan lagi coba-coba bernego soal proyek atau mendatangi gedung DPRD Ende untuk membicarakan soal proyek dengan oknum anggota dewan.

Oscar mengatakan, pemasangan CCTV itu juga selain mencegah adanya tindak pidana korupsi juga berfungsi untuk memonitor perilaku oknum anggota dewan yang jarang masuk kantor meskipun ada persidangan yang penting.

“Kita lihat dalam beberapa kali sidang hanya beberapa anggota dewan saja yang hadir meskipun anggota dewan DPRD Ende sebanyak 30 orang namun yang hadir sidang paling banyak 15 orang dan karena telah memenuhi qorum maka sidang bisa dilanjutkan padahal anggota dewan ada 30 orang,”kata Oscar.

Dalam catatan Pos Kupang pelaksanaan pemasangan kamera CCTV selain di gedung DPRD Ende juga dilakukan di kantor Bupati Ende. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved