Berita Kabupaten Malaka Terkini

Bursa Inovasi Desa Pacu Kesejahteraan Masyarakat

-Program Inovasi Desa hadir sebagai upaya pemerintah untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa agar lebih efektif dan efesien melalui

POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS BERSAMA PESERTA--Bupati Malaka Stefanus Bria Seran memberikan arahn kepada peserta kegiatan Bursa Inovasi Desa di Glory Hall Betun belum lama ini. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN---Program Inovasi Desa hadir sebagai upaya pemerintah untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa agar lebih efektif dan efesien melalui rujukan inovasi pembangunan desa serta merivatalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, dan infrastruktur desa.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Malaka, Agustinus Nahak melalui Kabid Pemdes Hendrina Lopo, Rabu (21/11/2018) terkait kegiatan Bursa Inovasi Desa tingkat Kabupaten Malaka yang berlangsung pertengahan November 2018 lalu.

Dikatakan Hendrina Lopo, Program Inovasi Desa dalam pergerakannya terus memacu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara nasional dan partisipatif.

"Melihat pergerakan yang terus meningkat itu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meluncurkan program ini untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa," ungkap Purna Praja IPDN Jatinangor ini.

Selain itu, masih menurut Erri, begitu dirinya disapa, ada beberapa hal pokok yang menjadi tujuan pokok yakni merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur desa, memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif, dana desa sebagai inovasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Erri Lopo juga menuturkan Program Inovasi Desa ini mendapat sambutan antusias dari seluruh elemen masyarakat terutama para Kepala Desa. Bahkan dalam berbagai pertemuan, para Kepala Desa meminta agar kegiatan ini terus berlangsung sehingga masyarakat semakin hari semakin sejahtera.

"Saya mendapat banyak masukan dan mendengar dari para Kepala Desa kalau program Inovasi Desa sangat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan itu akan kita pacu terus program yang berkaitan di dalamnya," ujarnya lagi

Sebagai informasi, kegiatan Bursa Inovasi Desa tingkat Kabupaten Malaka berlangsung pada 8 November 2018 dengan menghadirkan seluruh Kepala Desa dan elemen masyarakat dari Desa yang berjumlah 500 orang dan berlangsung di Glory Hall Betun.

Kegiatan ini dibuka secara resmi Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dan menghadirkan nara sumber dari Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Malaka. (Kominfo malaka)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved