Berita Kabupaten TTS Terkini

Rabu Esok, DKPP Putuskan Nasib Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS

Rabu esok, DKPP Jakarta akan memutuskan nasib Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS dalam sidang kode etik.

Rabu Esok, DKPP Putuskan Nasib Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Ketua KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jakarta akan memutuskan nasib Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS dalam sidang kode etik oleh DKPP, Rabu (21/11/2018) pukul 13.00 WIB.

Sidang kode etik dilaksanakan menyusul adanya pengaduan dari paket Naitboho - Kase yang menuding banyak pelanggaran yang dilakukan oleh KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS dalam pelaksanaan pemungutan Pilkada TTS 27 Juni lalu.

Ketua KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala membenarkan jika esok DKPP akan menggelar sidang kode etik dengan agenda pembacaan putusan atas laporan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS, red).

Baca: Nyaris Finish, Firman Meninggal Usai Lari di Borobudur Marathon 2018

Untuk itu, para komisioner KPU Kabupaten TTS tengah berkoordinasi untuk memastikan perwakilan yang akan hadir dalam sidang putusan tersebut.

Pasalnya, tahap pelaksanaan Pileg dan Pemilu yang sementara berlangsung, membuat komisioner KPU Kabupaten TTS harus berbagi tugas, sebagian menghadiri sidang DKPP dan sebagian harus tetap berkantor.

Baca: Pria yang Ditemukan Tewas di Dalam Drum Ternyata Mantan Jurnalis, Ini Namanya

"Undangannya sudah kami terima dan saya pastikan kita akan hadir mengikuti sidang putusan tersebut. Namun, karena tahapan Pileg dan Pemilu sementara berlangsung, nantinya tidak semua komisioner akan mengikuti sidang tersebut, karena salah satu komisioner harus tetap berkantor," kata Santi.

Terkait putusan DKPP, Santi menjelaskan, ada tiga kemungkinan putusan. Pertama, teguran, kedua, peringatan dan ketiga diberhentikan. Ia mengaku, apa pun keputusan DKPP nantinya dirinya siap menerima. Apalagi, keputusan DKPP mengikat dan tak bisa diganggu gugat.

"Kita lihat saja besok putusannya seperti apa. Apa pun itu putusannya kita siap terima dan laksanakan," ujarnya.

Terpisah komisioner Bawaslu Kabupaten TTS, Demetris Pitai mengatakan, pihak sudah menerima undangan sidang putusan yang akan dibacakan DKPP pada Rabu esok.

Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved