Berita NTT Terkini

Makan Waktu Pengurusan Plat Nomor Kendaraan!  Ini Komentar Dirlantas Polda NTT

sejak awal Oktober 2018, Ditlantas Polda NTT telah memperbaiki dan meningkatkan alat pembuat plat nomor (mesin Emborcing) untuk keperluan di wilayah

Makan Waktu Pengurusan Plat Nomor Kendaraan!  Ini Komentar Dirlantas Polda NTT
POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Dirlantas Polda NTT Kombes Pol Pringadhi Supardjan 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Proses pengurusan dan penerbitan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) di beberapa tempat di wilayah NTT dikeluhkan masyarakat karena memakan waktu lama. Termasuk di Kupang, ibukota Provinsi NTT, pengurusan dan penerbitan plat nomor juga terindikasi berlarut-larut.

Ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM pada Sabtu (17/11/2018) Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTT Kombes Pol Pringadhi Supadjan mengungkapkan pihaknya memang pernah mendapat keluhan seperti itu.

Baca: Film A Man Called Ahok Tembus Satu Juta Penonton ! Ahok: Terima Kasih Atas  

Baca: Denpom IX/1 Kupang Gelar Lomba Burung Berkicau

Namun lanjutnya, sejak awal Oktober 2018, Ditlantas Polda NTT telah memperbaiki dan meningkatkan alat pembuat plat nomor (mesin Emborcing) untuk keperluan di wilayah NTT.

"Kita sudah perbaiki alatnya, Emborcing itu. Kalau tadinya sehari kita bisa kerjakan 500 buah, setelah alat itu ada meningkat menjadi 1000 buah dalam sehari," ujar Pringadhi.

Alat tersebut untuk saat ini berjumlah empat unit, yakni dua unit untuk plat nomor sepeda motor dan dua unit lainnya untuk plat nomor mobil. Alat tersebut untuk saat ini sementara di tempatkan di Kota Kupang.

Terkait keluhan yang mengatakan bahwa penerbitan plat nomor memakan waktu lama, Pringadhi menjelaskan bahwa ada beberapa faktor ikut menjadi penyebabnya.

"Kita juga krosscek ulang, jadi kita temukan bahwa ada lebih banyak pemohon yang lebih suka mengurus dan mengambilnya melalui agen. Mereka tidak datang untuk ambil sendiri di kantor," katanya.

Akibatnya, agen yang biasanya menunggu dan mengumpulkan hingga sejumlah tertentu baru didistribuasikan ke pemohon itu menumpuk plat nomor. Hal ini yang membuat plat nomor sampai ke tangan pemohon lebih lama dari waktu seharusnya.

Selain itu Pringadhi juga menyampaikan bahwa telah menginstruksikan jajarannya untuk memperhatikan hal ini sehingga proses penerbitan plat nomor berjalan tepat waktu.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved