Berita Ekonomi Bisnis

Kepala Bea Cukai Nilai Lebih Baik Ekspor Langsung dari NTT

Selama ini banyak barang ekspor dari NTT tapi tercatat tidak atas nama NTT sehingga sebaiknya ekspor langsung dari NTT

Penulis: Adiana Ahmad | Editor: Hermina Pello
Kepala Bea Cukai Nilai Lebih Baik Ekspor Langsung dari NTT
POS-KUPANG.COM/ADIANA AHMAD
Kepala KPPBC TMP C Kupang, I Ketut Suardinaya (tengah) bersama para kepala bagian di lingkup KPPBC TMP C Kupang menekan tombol pencanangan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di lembaga tersebut, Rabu (7/11/2018).

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM |KUPANG-Selama ini ada banyak barang dari NTT yang diekspor namun tidak langsung dari pelabuhan di NTT sehingga tercatat nilai ekspor kecil.

Ekspor  NTT masih didominasi BBM dan aspal ke Timor Leste. Sedangkan barang lainnya volumenya sangat kecil.

"Selama ini hanya ekspor BBM oleh Pertamina, aspal oleh PT Lombok Raya dengan tujuan Timor Leste. Juga ikan ke Singapura melalui Jakarta. Kalau impor dari PLN," kata Kepala Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP ) C Kupang,  I Ketut Suardinaya di kantornya, Rabu (7/11/2018)

Baca: Begini Diallog Pilot Lion Air JT 610 Sebelum Jatuh, Ternyata Pesawat Alami Hal Ini

Baca: Pencuri Kembalikan Motor Curiannya Pakai Catatan, Isinya Begini

I Ketut Suardinaya  mengatakan, komoditi dari NTT sebenarnya banyak di ekspor namun dokumennya menggunakan nama dari daerah lain.

"Kami sering komunikasi dengan unsur kemaritiman, termasuk Angkasa Pura bagaimana kita meningkatkan ekspor langsung dari NTT. Selama ini, ekspor selalu lewat Juanda, Jakarta, Denpasar sehingga dokumen itu tidak teridentifikasi di sini. Komoditi lebih banyak dari NTT sementara dokumen lewat tempat lain," tambah Suardinaya

Ia mengatakan, wilayah pengawasan KPPBC TMP C Kupang meliputi Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Maluku Barat Daya Provinsi Maluku dan Kantor Bantu Pelayanan Bea dan Cukai di Waingapu, Kantor Pos Lalu Bea Kupang di Oebobo, Kota Kupang.

KPPBC TMP C Kupang juga memiliki pos pengawasan di Bandar Udara El Tari Kupang, Pelabuhan Laut Tenau, Pelabuhan Laut Baa di Pulau Rote, Bandar Udara Tambolaka di Sumba Barat Daya (SBD), Bandar Udara Mauhau di Sumba Timur, Pelabuhan Laut Roa di Pulau Sumba, Pos Lintas Batas Negara Oepoli yang berbatasan dengan Timor Leste serta Pos Pengawasan Ilewaki di Pulau Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved