Berita Metropolitan Terkini

Polisi Tangkap Enam Pelaku Pembobol ATM

Polisi menangkap enam orang komplotan pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan modus ganjal di wilayah Cakung, Jakarta Timur

Polisi Tangkap Enam Pelaku Pembobol ATM
KOMPAS.com/Thinkstock
Mesin ATM 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Polisi menangkap enam orang komplotan pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan modus ganjal di wilayah Cakung, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Dua dari lima pelaku ditangkap saat menjalankan aksinya pada Sabtu (3/11/2018) di toko ritel Alfamart Kampung Pedaengan RT 001/07, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

"Kami amankan dua pelaku di TKP, keduanya mengaku bernama Syahrudin dan Gunawan. Mereka menjalankan aksinya dengan modus ganjal ATM," ujar Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait, Selasa (6/11/2018) malam.

Baca: Rosa Meldianti Laporkan Balik Tantenya Dewi Perssik, Ini Kasusnya

Dari hasil pemeriksaan, Gunawan dan Syahrudin mengaku melakukan aksinya bersama empat rekan mereka, yakni Sabriyanto yang bertindak sebagai kapten atau pemimpinnya, Iyut Mula Marbun, Dinar, dan Idris. Keduanya tertangkap lantaran tidak berhasil kabur ketika polisi datang ke TKP.

"Para pelaku datang ke TKP menggunakan dua mobil. Empat lainnya sempat kabur, sementara dua orang pelaku dan satu unit mobil tertinggal," kata Tom.

Baca: Pangeran Charles Ungkap Kekhawatiran soal Masa Depan Cucunya

Dalam menjalankan aksinya, komplotan pembobol ATM ini memiliki tugas masing-masing. Sabriyanto bertugas mengintip nomor PIN dengan cara ikut antre di belakang korban.

Sebelumnya mereka telah mengganjal ATM dengan barang tertentu. Saat kartu milik korban tersangkut, pelaku bernama Dinar pura-pura menawarkan bantuan dan mengambil ATM korban serta menggantinya dengan kartu lain yang sudah tidak terpakai.

Setelah berhasil mengambil kartu ATM korban, pelaku langsung kabur. "Dua orang pelaku bertugas mengawasi situasi di dalam toko dan dua lainnya standby di dalam mobil," tutur Tom.

Tidak lama setelah pelaku lain melarikan diri, polisi dapat menangkap tiga di antaranya, yaitu Sabriyanto, Iyut Mula Marbun, dan Dinar di daerah Serpong dan BSD, Tangerang.

"Total sudah lima orang yang kami amankan, satu masih buron," ungkapnya.

Komplotan ini disebutkan kerap beraksi di sekitar Jakarta dan Bandung. "Mereka 'main' di sekitar Jakarta Raya sampai ke Bandung. Saya imbau kepada masyarakat jangan panik kalau kartunya tersangkut di mesin ATM," pungkasnya.

Kelima pelaku saat ini masih diamankan di Polsek Cakung untuk diproses lebih lanjut. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved