Berita NTT

IAP NTT Hadir Mendukung Pembangunan Tata Ruang Kota/Kabupaten

penyelenggaraan kegiatan sarasehan merupakan kegiatan bersama Kanwil ATR/BPN Provinsi NTT dan Dinas PUPR Provinsi NTT.

IAP NTT Hadir Mendukung Pembangunan Tata Ruang Kota/Kabupaten
POS KUPANG.COM/FERRY NDOEN
Ketua Komisariat Provinsi NTT Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), Nara Laurensius, ST, MT, (Ketiga kanan) dalam acara jumpa pers, di Canteen Resto and Cafe, Jalan Supul No. 2, Kelurahan Nefonaek, Perumnas, Kota Kupang didampingi Ketua panitia pelaksana Sarasehan Nasional dengan tema "Pemimpin, Politik & Tata Ruang" Micky Natun, ST, Msi, Sekretaris Komisariat Provinsi NTT IAP, Leonardus Manggol, ST, MPlan, Ketua Bidang Kerja Sama Komisariat Provinsi NTT IAP, Tanda Sirait, ST, MURP, dan Wakil Sekretaris Panitia Sarasehan, Victor Rairutu, ST, Selasa (16/10/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Ferry Ndoen

POS KUPANG.COM, KUPANG - Komisariat Provinsi NTTt Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) akan menggelar Sarasehan Hari Tata Tuang Nasional tahun 2018 dengan tema; "Pemimpin, Politik & Tata Ruang"

"Dalam rangka memperingati Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2018, Pengurus Komisariat Provinsi Nusa Tenggara Timur Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) akan menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Nasional dengan tema "PEMIMPIN, POLITIK & TATA RUANG" pada tanggal 6 November 2018 bertempat di Hotel Aston Kupang, " jelas Ketua Komisariat Provinsi NTT Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), Nara Laurensius, ST, MT, dalam acara jumpa pers, di Canteen Resto and Cafe, Jalan Supul No. 2, Kelurahan Nefonaek, Perumnas, Kota Kupang.

Hadir dalam Konferensi Pers, Ketua panitia pelaksana Sarasehan Nasional dengan tema "Pemimpin, Politik & Tata Ruang" Micky Natun, ST, Msi, Sekretaris Komisariat Provinsi NTT IAP, Leonardus Manggol, ST, MPlan, Ketua Bidang Kerja Sama Komisariat Provinsi NTT IAP, Tanda Sirait, ST, MURP, dan Wakil Sekretaris Panitia Sarasehan, Victor Rairutu, ST.

Nara Laurensius menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan sarasehan merupakan kegiatan bersama Kanwil ATR/BPN Provinsi NTT dan Dinas PUPR Provinsi NTT.

Hal ini telah dikoordinasikan oleh Pengurus Komisariat Provinsi NTT (IAP) dengan Kepala Kanwil ATR/BPN Provinsi NTT, Slameto Dwi Martono, SH, MH dan Kepala Dinas PUPR Provinsi NTT, Ir. Andre W Koreh, MT, sebagai leading sector Penataan Ruang di Provinsi NTT.

Menurut Nara Laurensius, tujuan dari pelaksanaan sarasehan ini adalah mengadvokasi para pemimpin daerah di Provinsi NTT dalam memberikan kepemimpinan politik dan memahami sektor Penataan Ruang dalam rangka mendorong pembangunan ekonomi dengan mengetengahkan skala ekonomi wilayah

Selain itu, adanya aglomerasi, meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan, memperkuat hubungan kota-desa dan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim, mengurangi risiko bencana dan intensitas penggunaan energi, mengatasi kesenjangan sosial dan tata ruang dan memajukan kohesi wilayah dan kesaling-lengkapan pada daerah, baik yang berkembang maupun yang sedang mengalami Kemerosotan

Micky Natun, ST, MSi, selaku Ketua Panitia Sarasehan Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2018, menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat istimewa karena inilah kali pertama para pemangku kepentingan dalam Penataan Ruang Wilayah dan Kota tingkat nasional hadir bersama pemimpin daerah di Provinsi NTT untuk mendiskusikan secara khusus mengenai dinamika perencanaan spasial untuk mewujudkan ruang yang layak huni dan layak Investasi di Provinsi NTT.

Micky Natun menjelaskan, narasumber yang dihadirkan dalam Sarasehan Nasional nanti, adalah Ketua Komisi V DPR RI, Ir. Fary Djemy Francis, M.M.A. Wakil Gubernur Provinsi NTT , Drs. Josef Nae Soi, M.M.

Juga, Direktur Jenderal Tata Ruang ATR/BPN , Dr. Ir. Abdul Kamarzuki, M.P.M; Walikota Kupang, Dr. Jefirstson Riwu Kore, MM, MH; Bupati Flores Timur ,Antonius H.G. Hadjon, ST ; dan Ketua Umum Pengurus Nasional IAP Ir. Bernadus Djonoputro, IAP.

Sedangkan panelis yang akan dihadirkan, yaitu Guru Besar Ekonomi Pembangunan UKSW Salatiga Prof. Daniel D. Kameo, SE, MA, PhD, Akademisi Prodi Kajian Pengembangan Perkotaan Universitas Indonesia Dr. Phil. Hendricus Andy Simarmata, ST, M.Si, Ekonom UKAW Kupang Dr. Frits O Fangidae, M.Si, MEP; dan sebagai Moderator adalah Ir. Juniar Ilham Pramukadianto, MT, IAP-Ketua BSLS PN-IAP Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Ferry Ndoen
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved