Breaking News:

Berita Kota Kupang

SMP Surya Mandala Kupang Bertahan dalam Keterbatasan

SMP Surya Mandala beralamat di Jalan Timor Raya Km 6, RT 10 RW 04 Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Agustinus Sape
POS-KUPANG.COM/RICARDUS WAWO
Siswa SMP Surya Mandala Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, RICKO WAWO

POS-KUPANG. COM - Lis Giri (13), Melan Lani (14), dan Puja Dethan (13) sedang asyik belajar bersama di dalam kelas. Masing-masing mereka membaca buku pelajaran Sejarah.

Ketiga siswi SMP Surya Mandala Kupang ini tampak serius mendiskusikan materi pelajaran.

Pagi itu, Senin (8/10/2018), sekira pukul 11.20 Wita, memang tak ada guru yang mengajar. Namun, alih alih menghabiskan waktu dengan bermain, beberapa orang siswa di kelas itu memilih untuk membaca.

"Kami disuruh belajar mandiri," kata Lis Giri seraya tersenyum.

SMP Surya Mandala beralamat di Jalan Timor Raya Km 6, RT 10 RW 04 Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Sekolah ini memiliki tiga ruang kelas. Masing-masing untuk kelas tujuh, delapan dan sembilan. Ruang kelas itu tak cukup besar. Hanya berukuran 5×5 meter. Setiap kelas hanya dibatasi sekat papan tipis.

Dengan ruangan yang sempit semacam ini tak ayal kerap membuat guru dan murid di dalamnya kepanasan sebagaimana yang dikeluhkan ketiga orang siswa ini.

Para siswa SMP Surya Mandala Kupang sedang mengikuti KBM di sekolah tersebut, Senin (8/10/2018).
Para siswa SMP Surya Mandala Kupang sedang mengikuti KBM di sekolah tersebut, Senin (8/10/2018). (POS-KUPANG.COM/RICARDUS WAWO)

Kondisi ini tak sontak menyurutkan semangat anak-anak untuk bersekolah.

Bendelina Mata, Kepala SMP Surya Mandala Kupang, ketika ditemui Pos-Kupang.com di ruang kerjanya, mengisahkan
SMP Surya Mandala Kupang didirikan oleh Yoseph Orem Blikololong, seorang pemulung yang punya kepedulian tinggi di dunia pendidikan. Khususnya pendidikan anak-anak jalanan dan pemulung.

Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved