Berita Kabupaten Kupang Terkini

Bupati Titu Eki Mengundurkan Diri, Tugas Pemerintahan Kabupaten Kupang Dipegang Wabup Masneno

Bupati Kupang, Ayub Titu Eki pasca penetapan daftar calon tetap (DCT) caleg pemilu legislatif, sudah tidak lagi berdinas.

Bupati Titu Eki Mengundurkan Diri, Tugas Pemerintahan Kabupaten Kupang Dipegang Wabup Masneno
PK/ENOL AMARAYA
Bupati Kupang, Ayub Titu Eki 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Bupati Kupang, Ayub Titu Eki pasca penetapan daftar calon tetap (DCT) caleg pemilu legislatif, sudah tidak lagi berdinas.

Seluruh kewenangan kepemerintahan telah diserahkan kepada Wakil Bupati Kupang, Korinus Masneno, sambil menunggu surat keterangan (SK) pemberhentian dari Kemendagri.

Khusus mengenai penjabat bupati, kewenangan ada pada Gubernur NTT sebagai wakil pemerintah pusat di daerah untuk menentukan siapa pejabatnya sampai pada pelantikan bupati dan wakil Bupati Kupang terpilih pada tahun 2019 mendatang.

Baca: Ini Tanggapan Bupati Terkait Permintaan DPRD TTU Soal Pencopotan Plt. Sekwan

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kabupaten Kupang, Joni Nomseo, kepada POS- KUPANG.COM, Senin (24/9/2018) mengatakan, sejak KPU menetapkan daftar calon tetap (DCT) caleg yang maju menjadi anggota DPR RI, maka sejak saat itu pula posisi jabatan Bupati Titu Eki termasuk berhalangan tetap.

Baca: DPRD Minta Bupati TTU Copot Plt Sekwan

Artinya sambil menunggu SK pemberhentian dari Kemendagri maka seluruh urusan kepemerintahan menjadi tanggung jawab Wakil Bupati Kupang, Korinus Masneno.

"Posisi Bupati Kupang, Ayub Titu Eki termasuk berhalangan tetap. Walaupun sudah mengajukan surat resmi pengunduran diri tetapi SK pemberhentian belum ada dari Kemendagri. Bagaimanapun pada waktu terpilih beberapa waktu lalu, Bupati Titu Eki ditetapkan melalui SK resmi dari Kemendagri maka ketika mengundurkan diri maka harus ada juga SK resmi pemberhentian dari Kemendagri. Nanti secara resmi mundur ketika SK pemberhentian sudah dikirim dari Kemendagri," katanya.

Menurut Joni, soal siapa penjabat bupati Kupang tentu kewenangan ada pada Gubernur NTT selaku wakil pemerintah pusat di daerah.

Untuk berjalannya roda pemerintahan, tanggung jawab sepenuhnya ada di Wabup karena masih dalam satu paket dengan Bupati Kupang, Ayub Titu Eki.Seluruh urusan administrasi pemerintahan ditandatangani oleh Wabup Korinus Masneno.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kupang, Korinus Masneno mengakui menerima tembusan surat pengunduran diri yang diajukan Bupati Kupang, Ayub Titu Eki ke Mendagri melalui Gubernur NTT tanggal 5 Juli 2018 lalu.

Walaupun Titu Eki telah mengajukan surat mundur, tetapi jabatannya sebagai bupati tetap ada sampai pada penetapan daftar calon tetap (DCT) DPR RI.

Untuk diketahui, Bupati Ayub Titu Eki telah memimpin Kabupaten Kupang selama dua periode.

Untuk periode kedua bersama Wakil Bupati, Korinus Masneno, masa aktifnya baru berakhir pada Maret 2019 mendatang.

Saat ini Bupati Ayub maju menjadi caleg dari Partai Golongan Karya (Golkar). Pada caleg mendatang, Ayub Titu Eki maju menjadi anggota DPR RI dari Dapil NTT II yang meliputi Timor, Sabu, Rote dan Sumba. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved