Berita Ekonomi Bisnis

Kredit Rumah DP Nol Persen Masih Wacana Di NTT

Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby mengatakan kredit rumah dengan DP nol persen masih menjadi wacana saja.

Kredit Rumah DP Nol Persen Masih Wacana Di NTT
istimewa
perumahan GEMSTONE REGENCY 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM |KUPANG,PK-Kebijakan Bank Indonesia yakni relaksasi Loan to Value (LTV) sejauh ini masih sekadar wacana. Pasalnya, hingga kini belum ada bank pelaksana pemberi KPR yang merealisasikan kebijakan tersebut. Buktinya, kredit rumah dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen belum ada.

Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby yang dihubungi melalui telepon, Senin (27/8/2018), mengatakan, hampir semua bank belum melaksanakan kebijakan tersebut.

"Hasil pantauan kami belum ada realisasi. Bank Indonesia hanya membolehkan bank umum untuk memberikan kredit rumah dengan uang muka nol persen. Tapi pelaksanaan kebijakan itu tergantung mekanisme masing-masing bank. Kami baru dapat informasi dari BRI, khusus untuk anggota TNI dan Polri," kata Bobby.

Baca: Bisa Dicontohi, DPRD Nagekeo Paling Aktif Kerjasama dengan Kemenkumham NTT Untuk Susun Perda

Baca: Berapa Kuota CPNS yang Akan Direkrut di Manggarai Barat Tahun 2018 ?

Bobby menambahkan, tidak semua orang berhak mendapatkan kredit rumah dengan uang muka nol persen.

"Bank memiliki pertimbangan sendiri. Salah satunya kemampuan membayar. Kalau yang kredit rumah dengan uang muka nol persen masih memiliki utang besar di bank, tidak mungkin bank memberikan kredit dengan uang muka nol persen," tegas Bobby.

Ia mengatakan, bank pada dasarnya akan melaksanakan kebijakan tersebut. Namun masih mencermati kemampuan konsumen. "Yang namanya proses di bank, butuh waktu," tambahnya.

Baca: Kejati NTT Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat

Direktur Pemasaran Dana Bank NTT, Aleks Riwu Kaho mengatakan, sejauh ini belum ada informasi terkait kredit rumah uang muka nol persen dari Divisi Pemasaran Kredit Bank NTT.

Kepala Divisi Pemasaran Kredit Bank NTT, Beny Pellu sebelumnya, mengatakan, belum menerima instruksi atau edaran dari direksi terkait kredit rumah dengan uang muka nol persen.
Beny mengatakan, pihaknya siap melaksanakan kebijakan itu jika sudah ada edaran . (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved