Berita Regional

Peras Kelompok Ternak, KPK Gadungan Ini Ditangkap Polisi

Rusdiyanto (40), warga Kulon Progo, ditangkap pihak Polres Bantul, Yogyakarta. Dia berpura-pura menjadi anggota KPK untuk menipu kelompok ternak

Peras Kelompok Ternak, KPK Gadungan Ini Ditangkap Polisi
KOMPAS.COM
Ilustrasi ditangkap polisi 

POS-KUPANG.COM | YOGYAKARTA - Rusdiyanto (40), warga Kulon Progo, ditangkap pihak Polres Bantul, Yogyakarta. Dia berpura-pura menjadi anggota KPK untuk menipu kelompok ternak di Kabupaten Bantul.

Kapolres Bantul, AKBP Sahat M Hasibuan mengatakan, Rusdiyanto menggunakan identitas KPK dan lencana yang diduga palsu.

Dia mendatangi sejumlah kelompok ternak di wilayah Sedayu. Hal itu dia lakukan setelah mendengar ada kelompok ternak mendapat dana hibah dari pemerintah Rp 500 juta dan dibelikan sapi sebanyak 68 ekor namun tinggal 44 ekor.

Baca: Kasus Kekerasan Calon TKW Asal Ndora Dianggap Tipiring, Permesna Temui Pimpinan DPRD NTT

"Kemudian saudara RS mendatangi wilayah Sedayu pada tanggal 8 Juni. Datang ke sana mengecek di lapangan," kata Sahabat dalam jumpa pers di Mapolres Bantul, Rabu (15/8/2018).

"Dari 68 ternak ekor sapi hanya tinggal 44 ekor dengan dalih ada yang mati dan dijual. Kemudian minta uang agar kasus itu tidak diusut."

Sahat mengatakan, kelompok tani tersebut sempat ketakutan. Kemudian, mereka memutuskan untuk memenuhi permintaan Rusdiyanto agar memberi penutup.

"Mau dikasih Rp 1 juta tak mau. Katanya harus Rp 36 juta sebagai ganti kerugian negara," imbuh dia.

Setelah Kecamatan Sedayu, Rusdiyanto beroperasi di wilayah Kecamatan Bambanglipuro dan meminta uang Rp 30 juta.

Kali ini, upaya penipuan Rusdiyanto tak berhasil. Warga bersama kepolisian setempat menangkapnya pada Selasa (14/8/2018).

Rusdiyanto mengaku kepada korbannya kalau dirinya berkantor di KPK yang memiliki kantor di Kecamatan Sedayu. Pihak kepolisian menyita sejumlah barang bukti yang berada di tas pelaku.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved