Berita Kota Kupang

Diana Suek Senang Ikut Kegiatan HAN di Dinkes Provinsi NTT

Diana Suek (40) mengaku senang usai mengikuti rangkaian kegiatan pemeriksaan balita dalam rangka Hari Anak Nasional tingkat Provinsi NTT

Diana Suek Senang Ikut Kegiatan HAN di Dinkes Provinsi NTT
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Diana Suek (40) yang sementara menggendong anaknya Concita Suek (13 bulan) ketika ditemui di halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT Jl Palapa Kota Kupang dalam rangka Hari Anak Nasional tingkat Provinsi NTT, Senin (23/7/2018).

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Menggendong bayi mungilnya yang baru berumur 13 bulan tepat di halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT Jalan Palapa Kota Kupang, Diana Suek (40) mengaku senang usai mengikuti rangkaian kegiatan pemeriksaan balita dalam rangka Hari Anak Nasional tingkat Provinsi NTT, Senin (23/7/2018)

Diana yang juga dosen di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Kupang kepada POS-KUPANG.COM mengatakan, dirinya telah hadir sejak pagi untuk mengikuti kegiatan dan memeriksakan anaknya.

Baca: ASTTI Mendukung Program Pembangunan Infrastruktur Pemerintahan Jokowi

"Tadi dilakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan bayi, untuk pertumbuhan diukur panjang badan bayi, berat badan dan lingkar lengan dan hasilnya normal," ungkap Diana yang juga dipercaya melakukan pemeriksaan dalam kegiatan itu.

Dirinya berharap kegiatan yang sama dapat dilakukan setiap tahunnya demi peningkatan kualitas balita di NTT lebih khususnya di Kota Kupang dan bila perlu, lanjut Diana, kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan cakupan yang lebih luas lagi.

"Kalau untuk Hari Anak Nasional mungkin kita bisa lakukan setiap tahun tapi mungkin jangan berpusat di sini saja, mungkin lebih banyak lagi peserta yang diundang bukan hanya sebatas Dinkes NTT. Mungkin ada posyandu yang kita kunjungi atau PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)," kata Diana.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Anak Nasional, Katarina Ola dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh para balita yang merupakan anak dari keluarga besar Dinkes Provinsi NTT dan Poltekkes Kemenkes Kupang yang berjumlah 44 orang.

"Kegiatan mengacu pada pedoman pelaksanaan SDIDTK di tingkat pelaksanaan tingkat dasar berupa penimbangan berat badan, pengukuran panjang badan atau tinggi badan, pemeriksaan perkembangan menggunakan KPSP (Kuisioner Pra Screening Perkembangan) atau instrumen standar lain yang berlaku dengan konseling gizi," katanya.

Selain memperingati HAN, lanjutnya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran petugas kesehatan, keluarga, ibu dan masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan tumbuhkembang balita.

Dikatakannya, deteksi dini tumbuhkembang balita perlu dilakukan untuk dapat mendeteksi secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang balita termasuk menindaklanjuti setiap keluhan orangtua terhadap masalah tumbuhkembang anaknya

"Tantangan dalam status peningkatan kesehatan anak selain masih tingginya angka kematian bayi dan tingginga angka stunting pada balita," ungkapnya.

Kegiatan yang dimulai sekira pukul 08.00 Wita tersebut dibuka langsung oleh drg. Dominikus Minggu, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT.

Dalam sambutannya ia mengimbau kepada para ibu yang telah mengikuti rangkaian pemeriksaan balita agar mengikuti setiap rekomendasi dan arahan yang diberikan oleh dokter dan para pemeriksa yang berkompeten.

Ia juga mengapresiasi setiap komponen yang telag bekerjasama secara kolektif demi penyelenggaraan kegiatan tersebut dan berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka HAN.

Kegiatan tersebut bertemakan anak Indonesia Anak Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat (GENIUS) dengan subtema Anak Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat (GENIUS), Tumbuhkembang Optimal. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved