Berita Kota Kupang

Jubir KPU NTT Sebut Format yang Dimasukkan Tidak Sesuai dengan yang Diberikan

Format yang dibuat atau dimasukan oleh bacaleg adalah format yang tidak sesuai dengan yang diberikan KPU.

Jubir KPU NTT Sebut Format yang Dimasukkan Tidak Sesuai dengan yang Diberikan
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
KPU NTT menyerahkan kembali berkas bacaleg untuk dilengkapi. Penyerahan ini dilakukan di Kantor KPU NTT, Sabtu (21/7/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Jubir KPU NTT, Yosafat Koli mengatakan, ada satu hal yang ditemukan, yakni format yang dibuat atau dimasukan oleh bacaleg adalah format yang tidak sesuai dengan yang diberikan KPU, antara lain seperti format BB1, BB2, melainkan yang diserahkan parpol adalah format BB3, BB10 sampai BB11.

Anggota KPU NTT, Gasim, mengatakan, ada dua hal yang perlu diperhatikan oleh parpol, bahwa, segera melihat dan menyampaikan ke bacaleg tentang hal-hal yang perlu diperbaiki, terutama surat kesehatan.

Baca: KPU NTT Temukan Banyak Bacaleg Lampirkan Ijazah Hasil Scan

"Banyak yang kita minta untuk lampirkan hasil pemeriksaan, karena bacaleg memeriksa di rumah sakit yang tidak direkomendasikan oleh KPU.Tolong besok diurus, harus lengkapi dengan hasil pemeriksaan," kata Gasim.

Sementara Theresia Siti anggota komisioner lainnya mengatakan, tolong diperhatikan semua rekomendasi dari KPU, karena rekomendasi itu berdasarkan hasil penelitian.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga , Bawaslu NTT, Jemris Fointuna meminta agar parpol maupun bacaleg jangan main -main dengan syarat administrasi yang menjadi syarat dalam pencalegan.

Terkait mekanisme menggantikan bacaleg yang BMS, ia mengatakan, mekanisme pergantian caleg itu, jika ada yang mau diganti, jangan hanya ganti,harus benar -benar bacaleg yang mau diganti itu BMS atau TMS.

"Jadi jangan asal ganti, karena bacaleg yang sudah memenuhi syarat tidak boleh diganti. Tolong diperhatikan, sebab jika masa verifikasi nanti, ada parpol dan bacaleg yang tidak memenuhi syarat maka akan di TMS dan gugur, sehingga caleg di dapil yang bersangkutan semuanya gugur," kata Jemris. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved