Petugas Enumerator Riskedas 2018 Jelajah Nagekeo, Ini Yang Mereka Lakukan

Tim 4 enumerator Riskesdas di Nagekeo bertugas mendata responden yang berada di wilayah Kecamatan Aesesa.

Petugas Enumerator Riskedas 2018 Jelajah Nagekeo, Ini Yang Mereka Lakukan
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Petugas Enumerator Tim 4 saat sedang melakukan pendataan dirumah warga di Kota Mbay.

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG. COM | MBAY -- Pengumpul data (enumerator) Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang bertugas di Kabupaten Nagekeo sudah kurang lebih sebulan melakukan pendataan dari rumah ke rumah.

Tujuan dari Riskesdas 2018 ini yaitu untuk mengevaluasi program lima tahun belakangan dan juga sebagai dasar mengambil kebijakan lima tahun yang akan datang.

Jumlah enumerator yang menjelajahi Kabupaten Nagekeo ada 16 orang.

Mereka dibagi dalam 4 (empat) tim. Setiap tim mendata 12 (dua belas) blok sensus.

Satu diantara petugas enumerator, Tomy Wedo, kepada Pos Kupang, mengatakan, timnya berjumlah empat orang. Kelompok mereka diberinama Tim 4.

Saat ini enumerator melakukan pendataan kesehatan dasar. Ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Kami merupakan tim 4 enumerator Riset Kesehatan Dasar 2018 dari Kementerian Kesehatan RI. Kami ada empat orang. Sedangkan jumlah enumerator di Kabupaten Nagekeo yaitu ada 16 orang. Sampel Kami adalah mengikuti sampel sensus nasional ekonomi 2018," ungkap Pria Tomy Wedo, di Kota Mbay, Sabtu (2/6/2018).

Pria yang akrab disapa Tomy ini mengatakan, Tim 4 enumerator Riskesdas di Nagekeo bertugas mendata responden yang berada di wilayah Kecamatan Aesesa.

Tomy mengaku sebelum melaksanakan pendataan sesuai sampel yang sudah ditentukan, mereka diarahkan oleh petugas cacah lapangan (Pcl) dari Badan Pusat Statistik Nagekeo.

"Ketika kami akan mulai mendata kami di temani dan diantar oleh petugas pencacah lapangan(pcl) langsung ke rumah responden.
Yang kami data itu adalah, wawancara responden, pengukuran tinggi atau panjang badan, berat badan, lingkar perut, lingkar lengan bagi wanita usia subur dan pengukuran tekanan darah," ungkap Tomy.

Tomy mengaku dirinya dan petugas enumerator lainya bertugas selama kurang lebih 38 hari kerja.

"Setelah kami selesai ambil data, kami langsung entri data. Satu blok sensus waktunya itu tiga hari pendataan. Dan pada hari ketiga tersebut data yang kami kumpul sudah harus terkirim ke pusat, " ungkap Tomy.

Tomy mengaku tim 4 enumerator Riskesdas 2018 sudah selesai melakukan pendataan. Semuanya berjalan aman dan lancar.(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved