TTU tak Punya TPA, Sampah Dibuang di Kawasan Hutan

Tahun 2017 lalu, dinas sudah merencanakan untuk pembangunan TPA namun terkendala lahan.

TTU tak Punya TPA, Sampah Dibuang di Kawasan Hutan
POS KUPANG/TENI JENAHAS-
Sampah dibuang di pinggir jalan tepatnya di lokasi Tatub, Desa Tublopo, Kecamatan Bikomi Selatan. Gambar diambil, Rabu (24/1/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM|KEFAMENANU--Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) belum memiliki Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS). Selama ini, sampah di Kota Kefamenanu dibuang bebas di lokasi kawasan hutan Tatub, Desa Tublopo, Kecamatan Bikomi Selatan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ferdinandus Lio saat dikonfirmasi Pos Kupang, Kamis (25/1/2018). Menurut Lio, sampai saat ini, Kabupaten TTU belum memiliki TPAS.

Tahun 2017 lalu, dinas sudah merencanakan untuk pembangunan TPA namun terkendala lahan. Saat ini dinas masih menjajak lahan untuk pembangunan TPAS.

Terkait sampah yang dibuang di kawasan hutan Tatub, Lio mengatakan, lokasi itu bukan TPA yang berkekuatan hukum.

Sampah dibuang di kawasan Tatub karena sejak dulu lokasi ini dijadikan tempat pembuangan sampah. Kebiasaan itu yang terus terbawa sampai saat ini.

"Sejak dulu lokasi itu sudah jadi tempat pembuangan sampah. Makanya sampah dibuang ke sana. Secara hukum kita belum punya TPA," kata Lio yang didamping sekretaris dan kabidnya.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limba B3, Frans Braman kepada Pos Kupang mengatakan, Kabupaten TTU belum memiliki TPA sehingga proses akhir sampah belum bisa dilakukan.

Kemudian, dinas memberikan himbauan kepada pimpinan rumah sakit, puskesmas dan klinik untuk tidak membuang sampah medis dalam bentuk utuh.

Sampah medis harus dihancurkan menggunakan mesin incinerator. Sedangkan program jangka pajang adalah menyiapkan master plan pembangunan TPA dan pembuatan perda. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved