Ini Janji Pemerintah Kabupaten Ende Untuk Guru Non PNS

Bagi guru Non PNS dengan standart gaji komite di kabupaten Ende tidak cukup untuk menghidupi keluarga. Ini penjelasannya

Ini Janji Pemerintah Kabupaten  Ende Untuk Guru Non PNS
Pos Kupang/Romualdus Pius
Magdalena Astuti Nira, guru PAUD di Desa Turunalu, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Magdalena Astuti Nira, guru PAUD di Desa Turunalu, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende mengaku senang kalau Pemda Ende jadi menaikan gaji atau honor bagi guru non PNS menjadi sebesar Rp 1,5 Juta.

Magdalena yang ditemui di Aula Hotel Flores Mandiri, Kota Ende, Selasa (23/1/2018) mengatakan, meskipun belum tau kapan realisasinya soal kenaikan gaji guru non PNS namun baginya hal itu menggembirakan karena setidaknya bisa membantu kehidupan ekonomi para guru non PNS seperti guru PAUD.

Magdalena mengatakan, selama ini dirinya menerima honor sebagai guru PAUD sebesar Rp 350 ribu per bulan. Jumlah honor tersebut sangatlah kecil apabila diukur dengan kebutuhan hidup sehari-hari namun demi pengabdian bagi daerah maka dia menerimanya.

"Kalau mau dibilang tidak cukup ya memang tidak cukup namun demikian ya dicukupin saja,"ujarnya.

Sedangkan Hildergadis N yang juga adalah guru PAUD mengharapkan agar apa yang diwacanakan oleh pemerintah agar dapat segera direalisasikan dalam waktu dekat sehingga bisa membantu keberadaan para guru.

Hildegardis mengatakan, honor mereka selama ini diambil dari dana desa yang jumlahnya tidak besar namun apabila kalau memang Pemda Ende hendak menaikan honor bagi para guru non PNS tentu disyukuri oleh mereka yang berstatus guru non PNS.

Hildegardis mengatakan, honor sebesar Rp 350 ribu memang jauh dari kata cukup namun demi pengabdian bagi anak-anak bangsa maka mereka dengan iklas menjalaninya meskipun terasa berat mengingat biaya hidup yang cukup mahal akhir-akhir ini.

Sementara itu dihadapan para guru PAUD dan TK saat membuka kegiatan seminar nasional bagi guru PAUD dan TK yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Selasa (23/1/2018) di Aula Hotel Flores Mandiri, Ende, Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan bahwa pada tahun 2018 tenaga guru, PAUD, TK, SD, SLTP, non PNS yang memenuhi syarat utama prinsip sebagai seorang guru, yang ada di daerah pedalam dan terpencil, terisolir, diminta agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende untuk segera mendatakan semuanya dan segera menjabarkannya sesuai aturan dan sebagai guru komite sekolah, tahun 2018, Pemda Ende mengambil kebijakan untuk Non PNS dan Guru komite akan dibiayai setiap bulan sebesar Rp. 1. 500.000.

"Ingat, kebijakan ini bukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan, kebijakan ini juga bukan untuk mengurangi pengangguran, tetapi kebijakan ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan supaya kawalitas SDM anak-anak kita semakin baik,"kata Wabup Djafar Achmad.

Tentang kegiatan seminar bagi para guru PAUD, TK perlu disampaikan ucapan terim kasih kepada semua yang telah meluangkan waktu bagi untuk melatih, memberikan ilmu dan inovasi pemikiran kepada para peserta semua.

"Kita bersykur kepada Tuhan kegiatan ini bisa dilakukan di Kabupaten Ende, saya berharap kepada para peserta semua untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini secara baik dan tekun, supaya ilmu yang para peserta dapatkan, bisa diaplikasi kepada anak didik generasi muda kita secara baik, sehingga bisa menghasilkan anak didik yang berkharakter (pintar otaknya-bijaksana hatinya," ujarnya. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved