Forum Komunikasi Pengembangan Pariwisata SBD Minta Pemerintah Siapkan Ini

Ini yang disarankan para pelaku pariwisata di Sumba Barat Daya terkait dengan pengelolaan sampah

Forum Komunikasi Pengembangan Pariwisata SBD Minta Pemerintah Siapkan Ini
Pos Kupang/Petrus Piter
Suasana rapat forum komunikasi pengembangan pariwisata SBS di vila kawona, Rabu (3/1/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA - Forum komunikasi pengembangan pariwisata SBD meminta pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup agar segera menyediakan bak sampah pada tempat-tempat strategis.

Misalnya, menempatkan bak sampah di setiap lokasi obyek wisata, areal pertokoan agar para pemilik toko tidak sembarangan membuang sampah di dalam got air sehingga menyebabkan got mampet dan air meluap.

Koordinator forum komunimasi pengembangan pariwisata SBD, Redemta Bato, dalam pemaparan singkatnya tentang program kerja forum pada tahun 2018 di vila kawona, Desa Kadi Pada, Kecamatan Kota Tambolaka, Rabu (3/1/2018) menjelaskan juga bagaimana cara menggerakan kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya.

Menurutnya, untuk menjaga kebersihan dan keindahan setiap lokasi obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan hendaknya pemerintah mempertimbangkan untuk membangun bak sampah secepatnya.

Langkah itu dilakukan demi mencegah perilaku pengunjung membuang sampah sembarangan. Diyakini dengan tersedianya tempat sampah, warga akan membuang sampah pada tempat sampah itu.

Sementara itu, Anton Seingo Lero, anggota forum lainnya meninta forum mempertimbangkan membuat selebaran kertas kecil bertuliskan kesadaran membuang sampah pada tempatnya, lalu dibagikan kepada para pemilik toko dan kios agar sadar membuang sampah pada tempat sampah yang tersedia.

Sebab selama ini, para pemilik toko seenaknya membuang sampah di got dan pada saat dibersihkan oleh petugas, para pemilik toko menonton tanpa merasa bersalah.

Terhadap hal itu Kepala Dinas Pariwisata SBD, Christofel Horo, S.H yang juga hadir dalam pertemuan forum tersebut mengatakan, akan berkoordinasi dengan dinas lingkungan hidup terkait penempatan bak sanpah disetiap lokasi strategis agar warga tidak menbuang sampah sembarangan.

Pihaknya juga mendukung gerakan moral forum untuk mengkampanyekan kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya demi menjaga kebersihan dan keindahan kota Tambolaka tercinta ini. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved