Pohon Natal Unik Hiasi Kota Kupang, dari Daun Lontar hingga Botol Bekas

Seperti di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTT, Rabu (20/12/2017). Pohon Natal

Pohon Natal Unik Hiasi Kota Kupang, dari Daun Lontar hingga Botol Bekas
Pos Kupang/Kolase
ilustrasi 

POS KUPANG.COM, KUPANG --Merry Christmas. Selamat merayakan Natal bagi umat Kristiani di mana saja berada. Semoga damai sejahtera menyertai kita semua. Natal tahun ini menebarkan aura kreativitas kaum muda di Kota Kupang. Mereka menghadirkan pohon Natal yang unik di berbagai sudut kota dan terutama di kawasan gereja.

Pohon Natal unik ini merupakan hasil karya para pemuda gereja dan jemaat dari berbagai rayon. Pohon Natal di gereja berbeda dengan pohon Natal yang dipasang di kantor-kantor pemerintah dan swasta yang dibuat dari bahan plastik atau bahan jadi. Ada instansi yang membuat pohon Natal dari bahan kayu bekas.

Seperti di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTT, Rabu (20/12/2017). Pohon Natal di kantor ini dibuat para pegawai seecara gotong-royong. Mereka mengambil kayu bekas mebel dan dipotong serta diberi cat warna putih.

Kayu-kayu ini disusun naik membentuk segitiga mulai dari dasar dengan ukuran 185 centimeter sampai dipucuk hingga tinggal lima centimeter dan diberi bintang. Kayu-kayu ini kemudian diberi lampu Natal warna-warni mulai dari ujung bawah sampai ke atas mengikuti bentuk kayu tersebut, seperti setengah lingkaran sehingga ketika pada malam hari pohon Natal ini terlihat unik dan memesona.

Bahan-bahan yang digunakan rata-rata hasil bahan bekas pakai seperti kayu, pembungkus buah-buahan dan makanan seperti jagung kering, daun lontar, kaleng minuman bekas, botol air mineral dan galon.

Di pertigaan Jalan Amabi dan arah ke Kelurahan Maulafa, tepatnya di depan gereja Maranatha-Oebufu Kupang, pohon Natal dibuat kaum muda dari bahan kayu sisa mebel. Potongan kayu usuk dan papan, dimanfaatkan oleh para pemuda Gereja Maranatha-Oebufu untuk membuat pohon Natal.

Di Gereja Benyamin-Oebufu, tiga pohon Natal sudah menghiasi halaman gereja tersebut dengan model yang berbeda-beda. Pohon Natal yang juga hasil lomba para pemuda dan jemaat rayon di gereja tersebut sangat cantik dengan warna-warni merona dan indah dipandang mata.

Pohon Natal pertama bentuknya sama seperti di Kantor LPMP Provinsi NTT, tapi bahannya dari daun lontar. Bagian bawah diberi pot dari bambu yang dicat warna coklat muda dan dihiasi dengan bunga-bunga dan pita.

Pohon Natal kedua tidak kalah menariknya. Pohon Natal ini dibuat dari tali plastik dengan tinggi empat meter. Bagian bawah dibuat kandang dari kayu dicat warna coklat diberi pot dari bambu dihiasi dengan kain putih sebagai alas dan diberi bunga dan pitar.

Kandang ini juga disimpan beberapa bungkus kado warna warni seperti ungu, merah, hijau. Pohon natal ini dibuat dari tali warna-warni, yakni kuning, hijau, merah, biru, orange yang diikat berbentuk segitiga.

Halaman
123
Penulis: Hermina Pello
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved