Jadi Kampung KB di Belu, Semua Instansi Diminta 'Keroyok' Desa Renrua

Desa Renrua ini kita dengar listrik belum ada, jalan belum masuk, air belum ada, rumah penduduk kumuh. Itu yang harus dibangun oleh pemerintah.

Jadi Kampung KB di Belu, Semua Instansi Diminta 'Keroyok' Desa Renrua
pos kupang
Bupati Belu, Willy Lay dan Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi NTT, Marianus Maukuru memukul gong menandai pencanangan Desa Renrua sebagai Kampung KB, Jumat (23/9/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA - Desa Renrua di Kecamatan Raimanuk terpilih sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB). Renrua terkategori sebagai desa tertinggal di Kabupaten Belu.

Pencanangan Renrua sebagai Kampung KB dilakukan Bupati Belu, Willy Lay dan Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi NTT, Marianus Maukuru di kantor Desa Renrua, Jumat (22/9/2017).

Marianus menjelaskan Kampung KB adalah kampung setingkat desa atau kelurahan yang masih tertinggal dan terisolir.

Baca: Kampung KB di NTT Beraroma Anggur Merah, Bagaimana Desainnya? Ini Penjelasan Marianus Mau Kuru

Menurutnya pemilihan Desa Renrua sebagai Kampung KB bukan dilakukan BKKBN Provinsi NTT tetapi dilihat berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan, yakni tertinggal dan terisolir dari berbagai aspek pemenuhan kebutuhan dasar.

Dikatakannya karena merupakan daerah terisolir dan terbelakang, maka untuk membangun Kampung KB bukan semata-mata tugas BKKBN. Sesuai instruksi Presiden Jokowi bahwa harus membangun dari Kampung KB dengan kriteria, desa tertinggal dan terpencil.

"Desa Renrua ini kita dengar listrik belum ada, jalan belum masuk, air belum ada, rumah penduduk kumuh. Itu yang harus dibangun oleh pemerintah. Tapi membangunnya bukan hanya oleh BKKBN saja. Tapi keroyok oleh dinas instansi terkait," tandas Marianus.

Baca: BKKBN NTT Galakkan Program Kampung KB, Ini Manfaatnya untuk Masyarakat

Dia mengingatkan jika pembangunan dilakukan secara sendiri-sendiri oleh masing-masing instansi maka tidak bisa memberikan kesejahteraan yang cepat bagi perkembangan daerah.

Halaman
12
Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved