Sebaiknya Tak Makan Selai Kacang, Saat Alami Kondisi Ini

Pada dasarnya usus memang sulit untuk memecah asam fitat dan lektin, jadi tubuh harus bekerja lebih keras untuk memproses kacang tanah.

Sebaiknya Tak Makan Selai Kacang, Saat Alami Kondisi Ini
(ALLEKO)
Ilustrasi selai kacang 

POS-KUPANG.COM--Rasanya yang enak, praktis, dan menjanjikan protein tinggi, membuat olesan selai kacang atau peanut butter menjadi pilihan tepat untuk sarapan atau kudapan sore.

Namun sayangnya, tak semua orang dapat merasakan manfaat baik selai kacang.

Dr. Frank Lipman, seorang dokter dan ahli di bidang pengobatan integratif, mengatakan bahwa selai kacang umumnya terbuat dari kacang tanah.

Kacang tanah atau peanut sendiri merupakan jenis "legume", berbeda dengan almond yang benar-benar merupakan jenis "nut".

Kacang Almond
Kacang Almond (Shutterstock)

Legume ditandai dengan cangkang yang terdiri dari beberapa biji, seperti kacang tanah.

Sedangkan nut dicirikan dengan kulit luar yang keras yang melindungi satu biji, seperti kacang almond atau pistachio.

Magnum White Almond Cake dengan diameter 20 cm atau biasa disebut big cake dan versi mininya sudah tersedia di gerai Colette & Lola mulai 25 Februari 2017.
Magnum White Almond Cake dengan diameter 20 cm atau biasa disebut big cake dan versi mininya sudah tersedia di gerai Colette & Lola mulai 25 Februari 2017. (KOMPAS.COM/Alek Kurniawan)

"Legume secara alami mengandung asam fitat dan lektin, yang keduanya dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan usus," kata Dr. Lipman. "Gangguan pencernaan bisa muncul dengan gangguan buang air besar, perut kembung, atau penyakit lambung."

Pada dasarnya usus memang sulit untuk memecah asam fitat dan lektin, jadi tubuh harus bekerja lebih keras untuk memproses kacang tanah.

Dr. Lipman menjelaskan, bila pencernaan bermasalah, kondisi ini juga dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Modus terbaru, kacang tanah ini bisa dijadikan alat untuk menyelundupkan narkoba.
Modus terbaru, kacang tanah ini bisa dijadikan alat untuk menyelundupkan narkoba. (istimewa)

Lipman juga menunjukkan bahwa 90 persen serotonin diproduksi di usus.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved