Valentine dan Kasih Sayang

Damai itu indah. Cinta kasih diberikan kepada orang tersayang dengan seribu makna. Hadiah, kado dan ciuman adalah lumrah.

Valentine dan Kasih Sayang
Net
Ilustrasi 

HARI Valentine diperingati sebagai hari kasih sayang. Banyak yang tak tahu apa itu Valentine. Yang pasti, setiap tanggal 14 Februari selalu diperingati sebagai hari kasih sayang.

Tidak boleh saling marah. Damai itu indah. Cinta kasih diberikan kepada orang tersayang dengan seribu makna. Hadiah, kado dan ciuman adalah lumrah. Warna pink adalah identitasnya. Inilah ekspresi cinta dan kasih anak muda yang entah kapan dimulai.

Di hari ini, banyak anak muda mulai menyatakan cintanya. Cinta yang diungkapkan di Hari Valentine, dipercaya memiliki ikatan yang sangat kuat. Bahkan, seorang cewek tak akan menolak ketika hati-hatinya diobrak-abrik dengan ungkapan cinta seorang pria di Hari Valentine.

Sosiolog dari FISIP Undana, Balkis Soraya Tanof, mengatakan, emansipasi rasa berbasis solidaritas sosial bagi kaum muda dalam merayakan Valentine Day sebagai wujud ekspresi cinta. Namun, dalam relasi ini, terkadang kaum muda terjerumus pada genesis cinta eros (cinta erotik/seksual).

Apa yang dikatakan Soraya benar adanya. Terkadang, akibat salah ekspresi, Hari Valentine diartikan sebagai saatnya pesta, senang-senang, bahkan kemudian menjurus kepada seks pra nikah. Hal ini terjadi akibat pergaulan bebas yang salah, terutama mengartikan makna Hari Valentine.

Padahal, Hari Valentine seharusnya menjadi spirit dalam interaksi sosial dengan sesama. Di sini, kasih sayang tidak mesti diartikan sebagai hubungan dengan lawan jenis. Valentine bisa diartikan sebagai cinta kasih membantu sesama, saling menjaga hubungan baik, saling menghormati, mengasihi dan menyanyi sesama. Bukan hanya dengan pacar, kekasih, istri atau suami, tetapi kepada sesama tanpa memandang suku, ras dan agama.

Kasih sayang memiliki banyak makna. Tak sekadar dirayakan, tapi harus dimaknai sebagai ajang pembentukan karakter. Bahwa menyayangi sesama tak perlu menunggu moment, tapi harus setiap saat. Setiap saat berbagi dengan sesama. Setiap saat saling menyayangi.

Hari ini terasa akan sangat spesial. Tak hanya kaum muda, dunia bisnis pun memanfaatkan moment ini untuk memasarkan produknya. Tak bisa dielakkan lagi bahwa memperingati Hari Valentine sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kaum muda. Selamat Hari Valentine.*

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved