Keterbatasan Pakan, Polulasi Ternak Sapi di Belu Terus Menurun

Pengamat Ilmu Peternakan Undana Kupang Marthin Mulik, menyebutkan, Produksi sapi di NTT khususnya di Kabupaten Belu menurun karena disebabkan oleh te

Keterbatasan Pakan, Polulasi Ternak Sapi di Belu Terus Menurun
Rushlane.com S
Sapi-sapi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA -- Pengamat Ilmu Peternakan Undana Kupang Marthin Mulik, menyebutkan, Produksi sapi di NTT khususnya di Kabupaten Belu menurun karena disebabkan oleh terbatasnya ketersediaan pakan ternak.

Hal ini diungkapkannya saat sesi dialog pada focus group discussion (FGD) pengembangan produksi ternak sapi bersama staf Kementerian Pertanian di ruang rapat Bupati Belu, Selasa (14/2/2017).

Menurutnya, perlu ada rekayasa lahan sehubungan dengan penyediaan pakan dalam mencukupi kebutuhan makanan sapi. Berkaitan dengan pakan, kata Mathin perlu dilih jenis pakan yang sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.

Jangan sampai jenis pakan yang dibudidayakan tidak sesuai kondisi tanah dan iklim suatu daerah. Jika tidak, hasil pakan ternak tentu tidak akan mencukupi kebutuhan makanan.

Dikatakannya, Provinsi NTT secara keseluruhan memroduksi sapi kurang lebih sebanyak 100 juta ekor per tahun.

Pengembangbiakan itu cenderung menurun karena pakan ternak. Dari jumlah tersebut, 95 persennya harus beranak. Namun kenyataannya tidak mencapai prensentasi itu karena kurangnya pakan ternak.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved