Semarakkan Hari Bakti Perbendaharaan 2017, Kanwil DJPBN NTT Gelar Perbendaharaan Menyapa

Muara seluruh kegiatan untuk mendorong percepatan reformasi birokrasi, selain meningkatkan kualitas organisasi.

Semarakkan Hari Bakti Perbendaharaan 2017, Kanwil DJPBN NTT Gelar Perbendaharaan Menyapa
ISTIMEWA
ISTIMEWA KIE NARKOBA-Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTT, I Nengah Gradug, tampil memberikan pencerahan pada tatap muka kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Pencegahan Pemberantasan dan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di kantor setempat Januari 2017 lalu. 

- Laporan Wartawan Pos Kupang, Benny Dasman

POS KUPANG.COM, KUPANG-Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar aneka kegiatan menyemarakkan Hari Bakti Perbendaharaan (HBP) tahun 2017 yang dirayakan 14 Januari lalu.

Muara seluruh kegiatan untuk mendorong percepatan reformasi birokrasi, selain meningkatkan kualitas organisasi, baik internal maupun eksternal.

Dalam rilis yang diterima Pos Kupang, Selasa (7/2/2017), menyebutkan, kegiatan HBP 2017 Kanwil DJPBN NTT dibagi antara program sepanjang tahun 2017, lomba menulis surat kepada Dirjen Perbendaharaan dan kegiatan selama Januari 2017.

Ada lima kegiatan inti yang digelar selama Januari 2017, diawali kegiatan Perbendaharaan Berbagi dengan memberikan santunan berupa beras kepada Panti Asuhan ATTIN dan Panti Jompo yang dikelola Dinas Sosial NTT.

Juga digelar Perbendaharaan Peduli berupa kerja bakti di lingkungan Gedung Keuangan Negara Kupang, pembersihan saluran-saluran air di sekitar kantor, pemangkasan beberapa pohon yang rawan membahayakan pengguna jalan di sekitarnya maupun terganggunnya jaringan/kabel listrik dan telepon.

Perbendaharaan Peduli juga diwarnai donor darah bersama KPPN Kupang, pegawai Kanwil DJPBN, pada 27 Januari 2017.
Selain itu, digelar refleksi (tasyakuran) pada 16 Januari 2017, diawali dengan mendengarkan sambutan Menteri Keuangan dan Dirjen Perbendaharaan. Kegiatan refleksi dilanjutkan dengan lokakarya bersama satuan kerja mitra strategis Kanwil DJPBN, yang diisi pemutaran "Video Prestasi DJPBN."

Kepala Kantor Wilayah DJPBN, I Nengah Gradug, yang dalam refleksi memaparkan evaluasi pelaksanaan anggaran pada akhir tahun 2016, mengharapkan ke depan perlu dilakukan penyederhanaan proses dan penatausahaan pelaksanaan anggaran sesuai tagline HBP "Ciptakan Inovasi untuk Simplifikasi dan Efisiensi".

Pada momen refleksi ini, Kanwil DJPBN mendapat banyak masukan terkait perlunya menjaga kualitas layanan, baik pelayanan di Kanwil maupun di KPPN yang tersebar di Provinsi NTT. Acara ini diselingi kunjungan peserta lokakarya ke front office layanan Kanwil. Para peserta disambut petugas layanan berpakaian adat dari daerah di NTT sebagai wujud semangat mengapresiasi kearifan lokal.

Pada 27 Januari 2017, digelar Perbendaharaan Sehat berupa senam zumba diikuti sebagian besar pegawai Kementerian Keuangan. Sebelum zumba seharusnya digelar jalan santai, namun batal karena hujan lebat.

Seminggu sebelumnya dalam rangkaian Perbendaharaan Sehat, Kanwil DJPB berpartisipasi dalam "Mini Kompetisi Bola Voli" tingkat intansi Kemenkeu di Gedung Keuangan Negara dan menyabet juara tiga.

Selain itu, untuk memenuhi harapan kegiatan Perbendaharaan Menyapa, dilakukan edukasi peran, tugas dan fungsi serta capaian prestasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan kepada masyarakat, lembaga perguruan tinggi atau sekolah. SMA Negeri 3 Kupang terpilih sebagai lokus dilaksanakannya "Treasury Goes To School".

Para siswa-siswi mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan  menghadirkan diskusi hangat membahas "Peran APBN dalam Membangun Negeri".

Ajakan untuk bergabung mengabdi di Kementerian Keuangan pun mendapat apresiasi dari para siswa dan guru-guru pendamping yang selama ini kurang mendapat informasi langsung tentang Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN- STAN).

Ini lembaga pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan). *

Penulis: Benny Dasman
Editor: Benny Dasman
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved