Peserta Lomba Ja'i Kreasi Tampil Memukau

Peserta lomba Ja'i Kreasi tampil memukau dalam Festival Paduan Suara dan Ja'i Kreasi Se-Kota Kupang yang digelar di gedung serba guna Taman Budaya Pro

Peserta Lomba Ja'i Kreasi Tampil Memukau
POS KUPANG/MAKSI MARHO
Penampilan tarian ja'i dari salah satu peserta Festival Paduan Suara dan Ja'i Kreasi yang yang digelar di Taman Budaya Kupang, Jumat (16/12/2016) malam. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Maksi Marho

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Peserta lomba Ja'i Kreasi tampil memukau dalam Festival Paduan Suara dan Ja'i Kreasi Se-Kota Kupang yang digelar di gedung serba guna Taman Budaya Provinsi NTT, Jumat (16/12/2016) malam.

Festival digelar dalam rangka Gemilang 10 tahun AFB TV dan AFB Radio.

Sebanyak 17 tim penari menjadi peserta dalam lomba ja'i kreasi ini.

Meski tampil dengan pilihan warna yang berbeda-beda, namun semua tim mengenakan busana adat Bajawa-Flores. Pemilihan busana memang disesuaikan dengan daerah asal tarian ja'i.

Mengenakan pakaian adat Bajawa, para penari dari masing-masing tim pesera lomba, tampak lebih cantik dan gagah. Kegiatan festival disiarkan secara langsung di AFB Radio dan AFB TV.

Sorak sorai dan tepuk tangan meriah pun mewarnai setiap penampilan peserta. Masing-masing peserta berusaha menampilkan yang terbaik untuk meraih juara.

Sekretaris Panitia Gemilang 10 Tahun AFB TV dan AFB Radio Berkarya Untuk NTT, Badu Labba kepada wartawan menjelaskan, kegiatan Festival Paduan Suara dan Ja'i Kreasi se-Kota Kupang digelar dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-10 AFB TV dan AFB Radio. Meski demikian, para peserta ada juga yang datang dari luar Kota Kupang yakni dari Kabupaten TTS.

"Festival digelar selama tiga hari yakni tanggal 14-16 Desember 2016. Lomba paduan suara digelar pada tanggal 14-15 Oktober sementara lomba ja'i kreasi digelar hari ketiga, 16 Desember 2016," kata Badu.

Dijelaskan Badu, lomba paduan suara diikuti 15 tim atau grup peserta sementara lomba ja'i kreasi diikuti 17 tim atau grup penari. Para penari menampilkan tarian ja'i sesuai kreasi masing-masing.

"Panitia menyediakan hadiah sebesar Rp 10 juta untuk juara pertama lomba paduan suara dan hadiah Rp 5 juta untuk juara pertama lomba tarian ja'i kreasi. Dilihat dari nilainya, hadiah yang disiapkan memang cukup fantastik," kata Badu.

Dikatakan Badu, hadiah disiapkan panitia untuk untuk juara pertama hingga juara keenam. Tentunya dengan jumlah hadiah uang yang bervariasi sesuai tingkatan juaranya.

Selain hadiah uang, kata Badu, panitia juga menyediakan hadiah piala dan piagam penghargaan bagi para juara. Baik lomba ja'i kreasi maupun paduan suara semuanya berlangsung meriah.

"Sementara kegiatan puncak berupa acara syukuran HUT AFB TV dan AFB Radio akan digelar, Sabtu (17/12/2016) di Hotel Neo Kupang," kata Badu.

Ketua Panitia, Baferly Rambu dalam laporannya mengatakan, kegiatan festival akan menjadi agenda tahunan sebagai persembahan untuk NTT tercinta.*

Penulis: maksi_marho
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved