Turki Pecat 540 Lebih Hakim dan Jaksa

Pada 24 Agustus, HSYK telah memberhentikan total 2.847 hakim dan jaksa yang diskors.

Turki Pecat 540 Lebih Hakim dan Jaksa
Pos Kupang/Reuters
Presiden Turki Tayyip Erdogan saat menyampaikan pidato dalam satu pertemuan di Ankara, Turki, Selasa (12/1).(REUTERS/Kayhan Ozer/Presidential Palace Press Office/Handout via Reuters)

POS KUPANG.COM, ANKARA - Lebih dari 540 hakim dan jaksa dipecat dari pos-pos mereka karena dicurigai berkaitan dengan gerakan Fethullah Gulen menurut dewan peradilan tertinggi Turki.

Majelis umum Dewan Tertinggi Hakim dan Jaksa Turki (Hakimer ve Savcilar Yuksek Karulu/HSYK) memutuskan memberhentikan 543 hakim dan jaksa yang sudah diskors menurut laporan kantor berita Turki, Anadolu.

Keputusan itu dibuat berdasarkan keputusan hukum yang dikeluarkan Juli dalam kondisi darurat tiga bulan setelah upaya kudeta yang gagal di Turki.

Pada 24 Agustus, HSYK telah memberhentikan total 2.847 hakim dan jaksa yang diskors.

Orang-orang yang dipecat dituduh punya kaitan dengan Organisasi Fethullah Gulen yang menurut pemerintah Turki berada di balik upaya kudeta 15 Juli menurut keputusan majelis.

Sedikitnya 240 orang tewas dalam kudeta yang menurut pemerintah diatur oleh para pengikut Fetullah Gulen.

Gulen dituduh memimpin kampanye untuk menggulingkan pemerintah Turki melalui penyusupan ke institusi-institusi negara, utamanya militer, kepolisian, dan peradilan, membentuk apa yang disebut sebagai negara paralel. (ant)

Editor: Marsel Ali
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved