Breaking News:

Calon Kapolri

Survei LSI: 70 Persen Responden Dukung Jokowi Tak Lantik Budi Gunawan

Presiden memutuskan mengajukan calon baru kepala Polri kepada DPR, yakni Komjen Badrodin Haiti yang kini menjabat wakil kepala Polri.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Komisaris Jenderal Budi Gunawan hadir dalam sidang paripurna penetapan calon Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) di Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/1/2015). Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri meski Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi. 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Survei Lingkaran Survei Indonesia menunjukkan, mayoritas publik mendukung keputusan Presiden Joko Widodo yang tidak melantik Komjen Budi Gunawan sebagai kepala Polri.

Presiden memutuskan mengajukan calon baru kepala Polri kepada DPR, yakni Komjen Badrodin Haiti yang kini menjabat wakil kepala Polri.

"Sebesar 70,29 persen responden menilai keputusan itu sudah tepat," kata peneliti LSI, Rully Akbar, saat merilis hasil surveinya di Kantor LSI, Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Rully menilai, tingginya dukungan publik tersebut karena mereka percaya bahwa Budi Gunawan terlibat kasus dugaan korupsi seperti yang disangkakan oleh KPK.

Meskipun belakangan penetapan tersangka Budi itu dianggap tidak sah oleh pengadilan, publik tetap tidak meragukan kredibilitas KPK.

Menurut LSI, hanya 18,03 persen yang menganggap tidak tepat keputusan Jokowi tidak melantik Budi Gunawan. Adapun sisanya, sebanyak 11,68 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

"Publik masih percaya bahwa Budi Gunawan bermasalah dan tidak layak dilantik," ucapnya.

Survei ini dilakukan pada 20-22 Februari 2015 dengan menggunakan metode quickpoll. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan metode mulitistage random sampling, margin of error plus minus 2,9 persen.

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved