Asa Gadis 7 Tahun Jadi Pilot Termuda Pupus dalam Kecelakaan Pesawat

Asa Seorang Gadis 7 Tahun Jadi Pilot Termuda Pupus dalam Kecelakaan Pesawat

Asa Gadis 7 Tahun Jadi Pilot Termuda Pupus dalam Kecelakaan Pesawat
KOMPAS.com/Twitter/Air Disasters
Jessica Dubroff, gadis berusia 7 tahun yang berupaya memecahkan rekor sebagai pilot termuda dunia. 

Asa Seorang Gadis 7 Tahun Jadi Pilot Termuda Pupus dalam Kecelakaan Pesawat

POS-KUPANG.COM - Meski masih terbilang sangat belia, asa bocah usia 7 tahun tidak patah untuk menjadi pilot termuda di dunia.

Gadis cilik itu bernama Jessica Dubroff. Dia dikuburkan bersama impiannya setelah tewas dalam kecelakaan pesawat yang diterbangkannya pada 11 April 1996.

Rayakan Paskah, Warga Kristen Gaza Menanti Izin Israel Masuk Yerusalem

New York Times kala itu mewartakan, gadis asal California, AS, tersebut berupaya memecahkan rekor sebagai pilot termuda yang menerbangkan pesawat melintasi negara bagian.

Jessica menerbangkan pesawat mesin tunggal berkursi empat Cessna 177B, bersama dengan ayahnya, Llyod Dubroff, dan instrukturnya, Joe Reid.

Diserang Harimau Sumatera, Wanita Ini Mengalami Luka Robek dan Tusukan di Punggung

Namun, penerbangan tersebut berakhir dengan kecelakaan di Cheyenne, Wyoming. Chicago Tribune pada 5 Maret 1997 mewartakan laporan Badan Keselamatan Transportasi AS (NTSB) tentang kecelakaan itu.

Pilot instrukturnya, Reid, dinilai membiarkannya lepas landas dalam cuaca badai salju.

Sang pelatih berupaya untuk tidak membatalkan wawancara media di setiap pemberhentian penerbangan itu. Namun, ketiganya justru tewas dalam leg kedua perjalanan yang mereka rencanakan.

Badan pesawat menunjukkan, Reid telah membantu Jessica selama lepas landas dan mengambil kendali pesawat ketika melewati angin dan salju, tak lama sebelum akhirnya jatuh ke tanah.

Setelah kecelakaan tersebut, muncul kritik atas upaya penerbangan yang melibatkan anak-anak. Lembaga regulator penerbangan sipil AS (FAA) segera menyurati semua instruktur penerbangan untuk memperingatkan mereka agar menggunakan akal sehat ketika melibatkan anak-anak dalam menerbangkan pesawat.

Secara teknis, Reid memang pilot pesawat dalam kecelakaan itu. Namun, dia mengizinkan Jessica untuk mengendalikan si burung besi.

Jessica tidak melanggar aturan penerbangan apa pun dalam misi tersebut. Pesawat memiliki dua kendali, yang berarti instruktur juga berada dalam kemudi dan mampu mengambil alih kontrol secara instan. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved