Pintu Kapela Tuan Ma dan Tuan Ana Dibuka Raja Larantuka

Pada hari Kamis (18/4) pagi, sesuai tradisi Suku-Suku Semana, Raja Larantuka membuka pintu Kapela Tuan Ma dan Kapela Tuan Ana.

Pintu Kapela Tuan Ma dan Tuan Ana Dibuka Raja Larantuka
POS KUPANG/EUGINIUS MO'A
Kapela Tuan Ma di Pante Kebis,Balele, Kota Larantuka, Pulau Flores, Propinsi NTT.

 
 Pintu Kapela Tuan Ma dan Tuan Ana Dibuka Raja Larantuka

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA--Kota  Larantuka,  ibukota  Kabupaten Flores Timur  di  Pulau  Flores, Propinsi  Nusa  Tenggara (NTT) sudah berada dalam masa perkabungan Tri Suci pada Rabu (17/4) malam ditandai dengan tradisi Trewa.

Pada  hari  Kamis (18/4) pagi, sesuai tradisi Suku-Suku Semana, Raja Larantuka membuka pintu Kapela Tuan Ma dan Kapela Tuan Ana.

Dalam tradisi Semana Santa yang sudah berlangsung lebih dari lima abad ini, dibukanya pintu Kapela Tuan Ma dan Kapela Tuan Ana disebut Muda Tuan. Setelah dibuka, selain Raja bersama keluarga, suku suku Semana, dua tempat sakral umat Katolik Kota Reinha Rosari ini terbuka umat dan peziarah berjumpa dengan Tuan Ma dan Tuan Ana untuk mendaraskan doa, ujud ujud atau intensi.

Dewan Pastoral Paroki Katedral Reinha Rosari, merilis jadwal waktu liturgi dan devosi Semana Santa Tahun 2019, menyebutkan kegiatan yang terjadi sejak Kamis (18/4) dimulai dari pukul 06.30  Wita dilaksanakan Misa Pemberkatan Minyak Suci dan Pembaharuan Janji Imamat. Selanjutnya Muda Tuan Ma di Kapela Tuan Ma tepat pukul 10.00  Wita.

Hasil Real Count KPU Pileg 2019 di pemilu2019.kpu.go.id, PDI-P Sementara Unggul 24,74 Persen

Pemkab Kupang Dukung Program Rural Empowerrement and Agricultural Development Scalling Innitiative

LIVE RCTI! Link Live Streaming Napoli Vs Arsenal Perempat Final Liga Eropa Malam Ini di RCTI

Setelah itu, Raja Larantuka membuka pintu Kapela Tuan Ma pada pukul 11.00 Wita dan selanjutnya Pentakhtaan Tuan Ma dan Cium Tuan Ma. Dalam Cium Tuan Ma di Muda Tuan Ma, sesuai urutan didahului oleh Keluarga Raja (DVG), diikuti Lejanti Tuan Ma, Tuan Mardomu, Ketua dan Suku Suku Semana, Anggota Conferia dan Ibu Ibu Badan Pemerintah Conferia, perangkat Kapela Tuan Ma dan para peziarah.

Setelah Muda Tuan Ma, dilanjutkan Muda Tuan Ana  di Kapela Tuan Ana di Lohayong, pada pukul 12.00  Wita. Pintu Kapela Tuan Ana dibuka untuk kesempatan Cium Tuan Ana. Tata urutan Cium Tuan Ana, dimulai dari keluarga BL de Rosari, Tuan Mardomu, Anggota Conferia dan Ibu Ibu Badan Pemerintah Conferia, perangkat Kapela dan para peziarah.

Pintu Kapela Tuan Ma dan Kapela Tuan Ana ditutup sementara pada pukul 17.00 Wita untuk memberi kesempatan kepada umat dan peziarah menghadiri Misa Perjamuan Tuhan di gereja Katedral dimulai pada pukul 18.30 wita.

Cium Tuan Ma dan Tuan Ana akan dilanjutkan kembali pada pukul 21.00  Wita untuk umat dan peziarah hingga selesai. Biasanya, Cium Tuan Ma dan Tuan Ana ini berlangsung hingga tengah malam tergantung banyaknya umat dan peziarah

Pantauan  POS-KUPANG.COM,   Kamis (18/4/2019) di Jembatan Tambatan Perahu (JTP) Pantai Paloh di Sarotari, saat ini sedang berkumpul umat dan peziarah yang hendak menyebrang laut untuk berziarah ke Wureh, Desa Wureh, Kecamatan Adonara Barat, Pulau Adonara. Wureh merupakan salah satu titik penting dalam tradisi Semana Santa Larantuka.

Selain itu, pada Minggu Paskah, lokasi yang menjadi titik penting Semana Santa Larantuka, yakni di Konga, Desa Konga, Kecamatan  Titehena. Pada malam Minggu Paskah, umat setempat melaksanakan Prosesi Aleluya atau Prosesi Kebangkitan.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo’a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved