KPU Belu Distribusi Logistik Mulai H-3

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Belu mulai distribusi logistik tanggal 15 April 2019 atau H-3.

KPU Belu Distribusi Logistik Mulai H-3
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Jurubicara KPU Belu, drh. Herlince Emiliana Asa 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Belu mulai distribusi logistik tanggal 15 April 2019 atau H-3. Pendistribusian logistik dimulai dari wilayah yang paling jauh seperti Lamaknen dan Raimanuk disusul wilayah terdekat.

Hal ini dikatakan Jurubicara KPU Belu, drh. Herlince Emiliana Asa kepada POS- KUPANG.COM, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (10/4/2019).

Menurut Herlince, di Kabupaten Belu terdapat 624 TPS yang tersebar di 12 kecamatan. Sedangkan, jumlah DPT sebanyak 134.122 pemilih.

Ormas Pemuda Katolik Nagekeo Ajak Masyarakat Tolak dan Lawan Money Politics

Proses pendistribusian logistik akan dimulai H-3 atau tanggal 15 April. KPU memastikan saat hari H, logistik sudah berada di TPS masing-masing. Saat ini KPU melakukan pengepakan surat suara sebelum diisi dalam kotak suara. Sebelum dilakukan pendistribusian, KPU akan mengecek ulang logistik sehingga tidak terjadi persoalan saat logistik sudah didistribusikan.

Terkait surat suara, Herlince mengatakan sampai saat ini surat suara sudah aman termasuk logistik lainnya seperti alat bantu coblos bagi pemilih disabilitas (template).

Aksi Heroik Babinsa Sertu Rasid Amir Buy Selamatkan Nyawa Warga Masyarakat

Terkiat proses pemungutan suara dan penghitungan suara, Herlince mengatakan, penempatan kotak suara dan penghitungan suara sudah diatur dalam regulasi. Penghitungan surat suara dimulai dari surat suara presiden-wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan terakhir DPRD Kabupaten/kota.

Herlince menambahkan, KPU akan melakukan lomba TPS. Hal yang dilombakan adalah penataan TPS yang sesuai petunjuk, penggunaan kostum oleh KPPS dan hal lain yang menjadi syarat lomba.

KPU melakukan lomba TPS agar lebih menarik bagi para pemilih untuk datang ke TPS untuk coblos dan memberikan warna yang lebih menarik di tingkat TPS. Karena pemilu merupakan pesta demokrasi sehingga harus meriah, suka cita dan damai. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved