Ini Kesiapan KPU TTU Dalam Menghadapi Gugatan Pemilu

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara ( TTU) telah mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi gugatan pemilu.

Ini Kesiapan KPU TTU Dalam Menghadapi Gugatan Pemilu
POS-KUPANG.COM/THOMAS MBENU NULANGI
Juru Bicara KPUD Kabupaten TTU, Yohanes B.D. Saleh Funan, S.Fil. 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Pihak Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara ( TTU) telah mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi gugatan pemilu.

Meskipun begitu, pihak KPU Kabupaten TTU tidak menghendaki apabila nantinya ada pihak yang melakukan gugatan kepada penyelenggara pemilu.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara KPU Kabupaten TTU Yohanes B.D. Saleh Funan, S.Fil kepada POS-KUPANG.COM di Kantor KPU TTU pada, Kamis (4/4/2019).

Kesaksian Amien Rais dalam Persidangan Ratna Sarumpaet

Yohanes mengatakan, sebagai penyelenggara pemilu, pihaknya harus mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi pasca pelaksanaan pemilu termasuk dengan siap menghadapi gugatan pemilu.

Apalagi, kata Yohanes, pelaksanaan pemilu pada 17 April 2019 dengan kompleksitas yang tinggi sehingga permasalahan pasca pemilu bisa saja terjadi.

Bupati Stef Tegaskan kepada Sekda agar CPNS Tidak Boleh Pindah dari Malaka

"Jadi sebagai strategi, untuk mengahadapi gugatan-gugatan itu, kita melakukan pendokumentasian terhadap semua alat bukti yang mungkin akan diminta," ungkapnya.

Pendokumentasian terhadap alat bukti tersebut seperti berita acara, dan surat-surat lainnya dilakukan supaya ketika KPU TTU masuk dalam obyek gugatan sengketa, maka akan mudah dilakukan koordinasi.

"Jadi koordinasi antara KPU Pusat, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten akan lebih mudah. Ketika nantinya diminta kita langsung mengirimkan kepada KPU Pusat," jelasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved