Pembuat Sofa Ini Manfaatkan 1.500 Botol Plastik dalam Sebulan

Seorang pembuat Kursi Sofa, Josef Leonard (42), membutuhkan 1.500 botol plastik dalam sebulan untuk membuat Kursi Sofa.

Pembuat Sofa Ini Manfaatkan 1.500 Botol Plastik dalam Sebulan
ambuga
Josef Leonard sewaktu memamerkan karya kursi sofa berbahan dasar botol plastik di area Car Free Day, Jalan El Tari, Kota Kupang, Sabtu (23/2/2019). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Seorang pembuat Kursi Sofa, Josef Leonard (42), membutuhkan 1.500 botol plastik dalam sebulan untuk membuat Kursi Sofa.

Warga Kelurahan Liliba, Kota Kupang, itu kini menggeluti pekerjaanya membuat kursi sofa berbahan dasar botol plastik, dan usaha itu telah dirintis sejak akhir bulan Februari 2017.

"Satu bulan bisa gunakan 1.500 botol (plastik). Jadi bayangkan dalam sebulan saya bisa gunakan berapa botol plastik dan kurangi sampah itu," katanya kepada POS-KUPANG.COM sewaktu melakukan pameran di area Car Free Day, Jalan El Tari, Kota Kupang, Sabtu (23/2/2019).

Bawaslu: Deklarasi Ganjar Pranowo dan 31 Kepala Daerah Langgar Aturan, Tapi Bukan Aturan Kampanye

Dia katakan, produk tersebut tidak 100 persen berbahan botol plastik. "Sembilan puluh persen dari botol plastik. Sisanya dari kardus dan triplek bekas," ujarnya.

Josef menghasilkan dua jenis kursi sofa, yakni premium dan reguler. "Ada dua tipe kursi. Premium dan reguler. Premium beda di kulit, yaitu gunakan kulit oscar dan busa super. Kalau reguler, kulitnya semi oscar dan busa biasa," ujarnya.

Sambut Pasola, Warga Bergotong Royong Bersihkan Rumput dan Sampah Plastik

Dijelaskan, dia mengumpulkan botol-botol plastik tersebut dari para pemulung. Untuk satu botol plastik, ia hargai dengan Rp. 200,00.

"Untuk satu kursi sofa, saya gunakan 32 botol plastik. Dan harga jualnya pun beda antara premium dan reguler. Premium saya lepas dengan Rp. 250.000,00, reguler saya lepas dengan Rp. 185.000,00," jelasnya.

Diakui, selain mendatangkan uang, usaha ini tujuannya untuk mengurangi sampah plastik.

"Memang banyak orang berkarya dengan bahan dasar sampah plastik. Yang penting, tujuannya untuk membuat lingkungan tetap bersih," kata dia. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ambuga Lamawuran)

Penulis: Lamawuran
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved