Shamima Istri Kelompok Radikal ISIS Berpotensi Kehilangan Kewarganegaraan Inggris

Shamima yang ingin pulang kembali ke negaranya itu diketahui memiliki kewarganegaraan ganda Inggris- Bangladesh.

Shamima  Istri Kelompok Radikal ISIS Berpotensi Kehilangan Kewarganegaraan Inggris
PA via BBC
Shamima Begum ketika berusia 15 tahun sebelum meninggalkan Inggris dan bergabung dengan ISIS pada 2015. 

POS KUPANG.COM - - Remaja yang menjadi istri anggota kelompokISIS, Shamima Begum, berpotensi kehilangaan kewarganegaraan Inggris.

Shamima yang ingin pulang kembali ke negaranya itu diketahui memiliki kewarganegaraan ganda Inggris- Bangladesh.

Pengacara keluarga dari perempuan berusia 19 tahun itu, Tasnime Akunjee, mengaku kecewa dengan perintah yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri untuk mencabut kewarganegaraan Inggris Shamima.

Mau Tukar Avansa Lama Dengan Baru, Ada di Nusa Toyota Kupang

"Kami sedang mempertimbangkan semua jalan hukum untuk menentang keputusan ini," katanya, seperti diwartakan Sky News, Selasa (19/2/2019).

Shamima menjadi perhatian dunia usai mengungkapkan keinginannnya kembali di Inggris. Dia meninggalkan rumahnya di London untuk menikahi anggota ISIS di Suriah saat berusia 15 tahun.

Dia juga baru saja melahirkan bayi laki-laki pada pekan ini di sebuah kamp pengungsian Suriah.

BBC melaporkan, di bawah UU Kebangsaan Inggris 1981, seseorang dapat dicabut kewarganegaraannya jika Menteri Dalam Negeri yakin bahwa hal itu akan kondusif bagi kebaikan publik.

"Dalam beberapa hari, Menteri Dalam Negeri dengan jelas menyatakan prioritasnya adalah keselamatan dan keamanan Inggris dan rakyat yang tinggal di sini," demikian pernyataan juru bicara kementerian.

Shamima melakukan perjalanan ke Suriah dengan menggunakan paspor milik saudara perempuannya. Namun, paspor tersebut akhirnya diambil ketika dia melintasi perbatasan.

Dia diyakini sebagai keturunan Bangladesh, tapi Shamima mengaku tidak memiliki paspor Bangladesh dan tidak pernah mengunjungi negara tersebut.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved