Berita Pendidikan

Prihatin! SMP Surya Mandala Kupang Bertahan Dalam Keterbatasan

SMP Surya Mandala di Jalan Timor Raya Km 6, RT 10 RW 04 Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima bertahan dalam keterbatasan.

Prihatin! SMP Surya Mandala Kupang Bertahan Dalam Keterbatasan
Ricardus Wawo
SMP Surya Mandala Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricardus Wawo

POS- KUPANg.COM|KUPANG - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Surya Mandala di Jalan Timor Raya Km 6, RT 10 RW 04 Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang bertahan dalam keterbatasan.

Sekolah ini memiliki tiga ruang kelas. Masing-masing untuk kelas tujuh, delapan dan sembilan. Ruang kelas itu tak cukup besar. Hanya berukuran 5x5 meter.

Setiap kelas hanya dibatasi sekat papan tipis. Dengan ruangan yang sempit semacam ini tak ayal kerap membuat guru dan murid di dalamnya kepanasan saat mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM). Kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk tetap sekolah.

Ini Pemicu yang Bikin Masa Depan Gelandang Arsenal Mezut Oezil Tak Pasti

Kepala SMP Surya Mandala Kupang, Bendelina Mata, kepada Pos Kupang di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu, mengisahkan SMP Surya Mandala Kupang didirikan oleh Yoseph Orem Blikololong, seorang pemulung yang punya kepedulian tinggi pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan anak-anak jalanan dan pemulung.

Sekolah tersebut, katanya, didirikan pada tahun 2011 dan baru setahun kemudian tepatnya pada tahun 2012 melaksanakan proses belajar mengajar.

Kondisi ruangan SMP Surya Mandala Kupang
Kondisi ruangan SMP Surya Mandala Kupang (Ricardus Wawo)

Menurut Bendelina, pada saat didirikan sekolah tersebut menyewa gedung tua di Gang Monitor, Jalan Timor Raya, tepatnya di belakang Kampus Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang.

Barcelona Ingin Perpanjang Kerja Sama dengan Lionel Messi

Namun, kata Bendelina, sejak tiga bulan lalu sekolah tersebut harus berpindah lokasi, karena tanah tempat sekolah tersebut berdiri sudah berpindah tangan.

Sekolah, katanya, dipindahkan ke rumah pendiri sekolah, Yos Blikololong, sekaligus Ketua Yayasan Peduli Kasih yang membawahi dua lembaga pendidikan, yakni SMP Surya Mandala Kupang dan PAUD Peduli Kasih.

"Lokasinya pindah mendadak dan anak-anak tidak tahu. Dampaknya muridnya semakin berkurang," jelasnya.
Dia mengatakan, jumlah murid hingga saat ini sebanyak 72 orang dari total sebelumnya 105 orang. (*)

Link Streaming Drama Korea Touch Your Heart Episode 3-4 Subtitle Indonesia: Yeon Seo Cemburu?

Halaman
123
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved