Lampaui Jam Kerja Normal, PRT di Hong Kong Bekerja di Atas 13 Jam Sehari

Sebanyak 70 persen pembantu rumah tangga di Hong Kong bekerja lebih dari 13 jam sehari dan tidak mendapatkan gajinya secara penuh.

Lampaui Jam Kerja Normal, PRT di Hong Kong Bekerja di Atas 13 Jam Sehari
rnw.nl
Ilustrasi pembantu rumah tangga. 

Fakta ini merupakan hasil dari sebuah jajak pendapat yang dilakukan terhadap lebih dari 2.000 orang pembantu rumah tangga di kota itu.

Jajak pendapat ini digelar Pusat Riset Migrasi dan Perpindahan Universitas China pda 2017.

Jajak pendapat ini dilakukan untuk mempelajari kondisi sehari-hari lebih dari 380.000 pembantu rumah tangga yang berasal dari luar negeri.

Formulir berisi pertanyaan dibagikan pada tiap hari Minggu di beberapa lokasi tempat para pembantu rumah tangga itu berkumpul.

Dan, lembaga itu kemudian menerima lebih dari 2.000 jawaban dari para pembantu rumah tangga asal Filipina dan Indonesia.

Salah seorang peneliti, Profesor Raees Begum Baig mengatakan, kondisi kerja yang mengharuskan para PRT ini tinggal di kediaman pemberi kerja menciptakan kesulitan untuk mendefinisikan jam kerja.

"Sulit mendefinisikan mana yang pekerjaan formal dan mana yang bukan," ujar Profesor Raees.

Victoria Park, Causeway Bay, Hongkong, seakan menjadi milik para buruh migran Indonesia saat libur kerja hari Minggu. Ada yang memanfaatkan waktu dengan duduk dan ngobrol, ada pula yang mengisi waktu untuk berlatih seni bela diri pencak silat.
Victoria Park, Causeway Bay, Hongkong, seakan menjadi milik para buruh migran Indonesia saat libur kerja hari Minggu. Ada yang memanfaatkan waktu dengan duduk dan ngobrol, ada pula yang mengisi waktu untuk berlatih seni bela diri pencak silat. (KOMPAS/KHAERUL ANWAR)

Dari 2.017 responden, sebanyak 61,7 persen menjawab mereka bekerja 13-16 jam sehari.

Sebanyak 8,9 persen mengatakan, mereka bekerja lebih dari 16 jam dan sisanya sebanyak 2,5 jam mengaku bekerja 9-12 jam sehari

Pada 2017, para perempuan pekerja di Hong Kong rata-rata menghabiskan waktu 43,3 jam sepekan di tempat kerja.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved