Renungan Harian Katolik

Iman, Keberanian dan Optimisme

INISITIF dan Keberanian untuk mencoba hal yang baik dapat memberi pelajaran yang berharga dalam hidup.

Iman, Keberanian dan Optimisme
Facebook/Florens Maxi Un Bria
Maxi Un Bria 

Markus 5: 21-43
Oleh RD Florens Maxi Un Bria
Rohaniwan Keuskupan Agung Kupang

"Asal kusentuh saja jubah-Nya, aku akan sembuh" ( Mrk 5:28)

POS-KUPANG.COM - INISITIF dan Keberanian untuk mencoba hal yang baik dapat memberi pelajaran yang berharga dalam hidup. Sebaliknya ketakutan dan keragu-raguan untuk memulai hal yang baik dan benar menutup pintu bagi pertumbuhan diri, kreativitas dan perubahan.

Orang yang memiliki iman yang mendalam, tidak pernah takut untuk mencari dan mendekati Tuhan.
Yairus kepala rumah ibadat mencari Yesus dan memohon agar anak perempuannya disembuhkan. Ia memohon dengan sangat karena percaya bahwa Yesus dapat menyembuhkan putrinya.

Iman Yairus telah menyelamatkan anaknya. Sementara itu perempuan yang sudah menderita pendarahan selama duabelas tahun pun mengalami kesembuhan karena beriman dan berani mendekati Yesus.

Jika Tuhan Menyesal Mengangkat Seseorang Jadi Pemimpin, Ia akan Menggantinya dengan yang Baru

Sikap iman perempuan tersebut dipuji Yesus. "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau.Pergilah dengan damai dan tetaplah sembuh dari penyakitmu itu." (Mrk 5 : 34)

Yesus merespons setiap orang beriman yang mendekati-Nya dengan niat yang tulus. Ketulusan Yairus dan Perempuan yang sakit pendarahan mendapatkan jawaban yang membahagiakan.

Yang sakit disembuhkan dan yang mati dibangkitkan.

Pembelajaran berharga dari kisah Yesus membangkitkan anak Yairus dan Perempuan yang sakit pendarahan yakni Iman dan keberanian untuk mendekati Tuhan.
Sebagaimana dikatakan Yesus" Jangan takut, percaya saja!" ( Mrk 5: 36)

Diunggah Keluarga di Facebook, Istri Pelaku Bunuh Diri Ternyata Sedang Berbadan Dua

Mengandalkan kekuatan Tuhan bukan diri sendiri

Dalam beragam pengalaman dan pergumulan hidup kadangkala manusia hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri.Manusia takut mendekatkan diri pada Tuhan. Sikap demikian jelas menutup jalan bagi penemuan solusi yang efektif.

Karena itu setiap orang beriman, hendaknya memiliki inisiatif dan keberanian untuk mencari Tuhan sebagai sumber kekuatan hidup, hikmat dan solusi dalam mengelolah setiap persoalan yang dijumpai.

Semoga hati kita terbuka. Pikiran jadi cerah dan iman pun tetap teguh pada Yesus Kristus Sang Juru Selamat. Dalam tri keutamaan Kristianitas, Iman, harap dan kasih manusia dapat memaknai ziarah hidupnya sebagai perjalanan panjang untuk mencari dan menemukan Tuhan.
Beranikah kita menerjemahkan iman dalam perbuatan-perbuatan baik yang konkret?

Semoga hari ini kita menjadi lebih beriman, berani dan berinisiatif mendekatkan diri kepada Tuhan. Credo.Saya percaya, bahwasannya setiap sikap iman yang tulus dapat menghasilkan buah yang manis, indah dan membahagiakan sebagaimana yang telah dialami Yairus dan Perempuan yang sakit pendarahan. Iman melahirkan optimisme yang besar untuk mengembangkan dan menggandakan perbuatan kasih. NOLITE TIMERE; Jangan takut !

Doa: Ya Tuhan tambahkan iman kami. Agar kami tidak takut mendekatkan diri kepada-Mu. Sebab Engkaulah sumber kekuatan dan andalan hidup kami. Amin. (*)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved