Berita Kota Kupang

Besok, Bawaslu Kota Kupang Mulai Buka Pendaftaran Pengawas TPS

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kupang pada Senin (4/2/2019) mulai merekrut pengawas TPS untuk pengawasan pemilu 2019.

Besok, Bawaslu Kota Kupang Mulai Buka Pendaftaran Pengawas TPS
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Ketua Bawaslu Kota Kupang, Julianus Nomleni, SH di kantornya, Selasa (11/12/2018) siang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kupang pada Senin (4/2/2019) mulai merekrut pengawas TPS untuk pengawasan pemilu 2019.

Informasi yang diperoleh POS-KUPANG.COM, Minggu (3/2/2019) menyebutkan , sesuai jadwal maka pada Senin (4/2/2019), Bawaslu Kota Kupang mulai merekrut pengawas TPS.

Pengawas TPS yang akan direkrut itu sebanyak jumlah TPS yang ada di Kota Kupang.
Ketua Bawaslu Kota Kupang, Julianus Nomleni mengatakan, saat ini masih dalam tahap persiapan untuk perekrutan pengawas di TPS.

Ditanyai berapa banyak jumlah pengawas yang dibutuhkan di Kota Kupang, Nomleni mengatakan, jumlah TPS di Kota Kupang sebanyak 1.126 TPS, karena itu, Pengawas TPS yang akan direkrut itu sebanyak 1.126 orang.

"Kita akan rekrut sebanyak 1.126 pengawas TPS. Jumlah pengawas ini sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kota Kupang," kata Nomleni.

Juventus Tertarik datangkan Rekan Cristiano Ronaldo di Real Madrid, Ini Alasannya

BREAKINGNEWS: Di Kota Kupang, Pohon Tumbang Menimpa Rumah di Kelurahan Manutapen

Ditanyai bilamana dimulainya proses perekrutan, Nomleni menjelaskan, perekrutan akan dimulai pada 4 Februari 2019 mendatang.

"Jadi kebutuhan pengawas TPS itu sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kota Kupang. Kita berharap proses perekrutan berjalan baik dan lancar," katanya.
Sementara itu, Bawaslu Provinsi NTT juga akan merekrut pengawas TPS untuk pengawasan Pemilu 2019 di 17 April mendatang.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu NTT, Jemris Fointuna, mengatarkan, Bawaslu Provinsi NTT juga akan melakukan perekrutan pengawas TPS untuk melakukan pengawasan pemilu tahun 2019.

"Kita dalam waktu dekat kan merekrut pengawas TPS. Tugas pengawas ini untuk mengawas jalannya pemilu di TPS," kata Jemris.

Tentang waktu perekrutan, ia mengatakan, perekrutan kan dilaksanakan pada Bulan Februari mendatang.

"Jadi kita akan rekrut pengawas yang akan mengawas di 14.978 TPS pada Pemilu 2019 di Provinsi NTT, " katanya.

Dikatakan, sesuai ‎ Pasal 1 ayat 23 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Pengawas Tempat Pemungutan Suara yang selanjutnya disebut Pengawas TPS adalah petugas yang dibentuk oleh Panwaslu Kecamatan untuk membantu panwaslu

Kelurahan/Desa. Sedangkan,menurut Pasal 90 ayat (2 ) UU 7/2017, Pengawas TPS dibentuk paling lambat 23 (dua puluh tiga) hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah hari pemungutan suara. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved