Lantamal VII Gelar Latihan Pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Kupang

Lantamal VII Gelar Latihan Pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Kupang, Ini Jumlah Pesertanya

Lantamal VII Gelar Latihan Pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Kupang
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Latihan simulasi Penanggulangan Huru Hara (PHH) dalam rangka Pengamanan Pemilu yang digelar di Lapangan Apel Mako Lantamal VII Kupang pada Kamis (31/1/2019). 

Lantamal VII Gelar Latihan Pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Kupang

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dalam rangka mempersiapkan pasukan untuk operasi militer selain perang, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII Kupang menggelar Latihan Pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden pada bulan April 2019 di wilayah kerja Lantamal VII Kupang yang meliputi Provinsi NTT dan NTB.

Latihan simulasi Penanggulangan Huru Hara (PHH) dalam rangka Latihan Pengamanan Pemilu ini digelar di Lapangan Apel Mako Lantamal VII Kupang, Kamis (31/1/2019).

Latihan ini dipimpin Komandan Satuan Patroli Lantamal VII Kolonel Laut (P) Anang Nurjatmiko. Lebih dari 300 personel gabungan prajurit TNI AL Lantamal VII, anggota Marinir Yonmarhamlan VII, Polisi Militer AL Lantamal VII, anggota Rumah Sakit AL Lantamal VII, prajurit Satuan Patroli Laut Lantamal VII ikut dalam latihan ini.

Dukcapil Kota Kupang Dapat 10.000 Blanko e-KTP

Dansatrol Lantamal VII Kolonel Laut (P) Anang Murjatmojo menyampaikan bahwa latihan ini menandakan bahwa Lantamal VII siap mendukung Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden tahun 2019 di wilayah kerja Lantamal VII yang meliputi Provinsi NTT dan NTB.

ASN Terbukti Lakukan Tipikor Wajib Dipecat

"Pada hari Senin (4/2/2019) nanti akan dilaksanakan latihan bersama Prajurit TNI AL yang bermarkas di Rote, Maumere dan Mataram. Semua akan bergabung di sini," katanya.

Ia menjelaskan, dalam situasi seperti ini (persiapan Pemilu), sebagaimana diatur dalam Undang-Undang TNI nomor 34 tahun 2004, khususnya terkait OMSP (Operasi Militer Selain Perang), TNI AL bisa membantu Polri dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain itu, terkait bantuan kepada Kepolisian, merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Polri dan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pada 23 Januari 2018 tahun lalu.

Pada nota kesepahaman tersebut, lanjutnya, telah dibahas tentang tugas perbantuan TNI dalam rangka Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Pabanops Staf Operasi Lantamal VII Kupang Letkol Laut ( P ) Jarot Wibisono menyampaikan bahwa latihan PHH ini dilaksanakan dalam rangka untuk mempersiapkan seluruh personel TNI AL Lantamal VII untuk mendukung operasi pengamanan Pemilu tersebut. Selain itu juga mempersiapkan pasukan untuk mencegah dan mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban yang ada di Wilayah kerja Lantamal VII Kupang yang meliputi Provinsi NTT dan NTB.

Porsi latihan tersebut terdiri dari empat sesi materi yakni pembinaan fisik, latihan formasi PHH, latihan penindakan massa (demonstran) serta latihan penyelamatan korban.

Pejabat yang hadir dalam latihan tersebut terdiri dari Asisten Operasional Lantamal VII, Asisten Intelijen Lantamal VII, Kadis Potmar Lantamal VII, Komandan Polisi Militer Lantamal VII, Komandan Yonmarhanlan VII, Kepala Rumkit AL Lantamal VII serta seluruh perwira Lantamal VII. Dispen Lantamal VII. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved