Berita Kabupaten TTU

Bawaslu TTU Fokuskan Pengawasan Terhadap ASN dan Aparat Desa Dalam Kampanye

Bawaslu TTU juga menfokuskan keterlibatan para aparatur desa diantaranya kepala desa, perangkat desa dan juga perangkat BPD Desa

Bawaslu TTU Fokuskan Pengawasan Terhadap ASN dan Aparat Desa Dalam Kampanye
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Ketua Bawaslu Kabupaten TTU, Martinus Kolo. 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) memfokuskan pengawasan terhadap keterlibatan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kegiatan kampanye.

Selain keterlibatan para ASN, Bawaslu TTU juga menfokuskan keterlibatan para aparatur desa diantaranya kepala desa, perangkat desa dan juga perangkat BPD Desa dalam kegiatan politik praktis.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten TTU, Martinus Kolo kepada Pos Kupang ketika ditemui di ruang kerjanya pada, Selasa (22/1/2019).

Hironimus menegaskan, dalam undang-undang Nomor 7 pasal 280, ayat 2 menyebutkan jelas bahwa pihak-pihak yang dilarang tidak boleh terlibat dalam kegiatan kampanye.

"Fokus pengawasan kita juga kepada para ASN dan aparat desa. Karena mereka itu sangat mudah untuk dimanfaatkan dalam kegiatan-kegiatan kampanye," ungkapnya.

4 Makanan Tinggi Protein dan Lebih Sehat Dari Daging Merah. Yuk Kepoin!

Keluarga Sempat Telepon dengan Korban Satu Hari Sebelum Musibah

Martinus menyatakan, pihaknya juga telah menghimbau kepada para ASN dan aparat desa supaya mereka tidak terlibat aktif pada saat kampanye.

Dijelaskannya, pengawas pemilu ditingkat bawah tetap melakukan pencegahan terhadap para ASN dan aparat desa untuk tidak terlibat aktif dalam kegiatan kampanye.

Martinus menegaskan, jika ada oknum aparat desa maupun ASN yang nantinya ditemukan terlibat dalam politik praktis, pihaknya tidak segan-segan menindak oknum tersebut.

"Sejauh ini memang ada oknum-oknum yang berpotensi melakukan pelanggaran tetapi kita lebih mengutamakan pencegahan," jelasnya.

Martinus menyatakan, apabila pencegahan yang dilakukan tidak diindahkan oleh para aparat desa dan ASN, maka pihaknya akan menindak secara tegas.

Sejauh ini, kata Martinus, pihaknya belum menerima laporan ataupun temuan oleh pengawas pemilu di tingkat yang paling bawah terkait dengan keterlibatan para aparat desa dan ASN dalam kegiatan kampanye. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved