Berita Kabupaten TTU

Anggota TNI di Perbatasan Evakuasi Warga Menggunakan Tandu

Keadaan ekonomi dan jarak yang cukup jauh membuat Rosalina tidak dapat memeriksakan diri di pukesmas terdekat.

Anggota TNI di Perbatasan Evakuasi Warga Menggunakan Tandu
POS KUPANG/THOMAS MBENU NULANGI
Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN mengevakuasi sah seorang warga yang sakit di Desa Nelu, Senin (21/1/2019). 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU-Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN dari Pos Nelu Kipur-I, mengevakuasi seorang warga yang berasal dari Desa Nelu Sunsea, Kecamatan Naebenu, Kabupaten TTU yang dalam kondisi sakit menggunakan tandu.

Salah seorang warga yang sakit itu adalah Rosalina Keno (54). Rosalina dievakuasi pada, Senin (21/1/2019), menggunakan tandu oleh anggota Satgas ke Puskesmas Manamas. Keadaan ekonomi dan jarak yang cukup jauh membuat Rosalina tidak dapat memeriksakan diri di pukesmas terdekat.

Selain karena kondisi ekonomi dan jarak tempuh dari kediaman yang cukup jauh, Kondisi rumah yang ditinggali oleh Rosalina bersama dengan anggota keuargannya sangat memungkinkan timbulnya penyakit serta kondisi lingkungan yang tidak layak sehingga dapat menimbulkan penyakit.

Keluarga Sempat Telepon dengan Korban Satu Hari Sebelum Musibah

Tim The Voice Indonesia Kunjungi SMA Regina Pacis Bajawa, Ini Tujuannya!

Ceritanya Saat Suami Belum Bangun Tidur, Momo Geisha Ungkap Rasa Bahagia Saat Ketahuan Hamil

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Mayor Inf Hendra Saputra S.Sos. M.M. M.I.Pol membenarkan hal itu bahwa anggotanya melakukan evakuasi salah seorang warga di perbatasan kepada Pos Kupang melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (23/1/2019).

Hendra mengatakan, kronologis bermula ketika pada, Minggu (20/1/2019) sekitar pukul 09.00 Wita, personel Pos Nelu Kipur-I yang terdiri dari Pratu Haryz Budi Santoso, Pratu Ahmad Kairul Rosyikin, Pratu Imran Rosyadin A Saleh dan Pratu Lukas Pangeli mengetahui bahwa ada seorang warga, Desa Nelu, Kecamatan Naebenu, yang sedang berbaring sakit dirumahnya.

Mengetahui hal tersebut, jelas Hendra, anggotanya langsung melaksanakan anjangsana guna memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan dan pemberian sembako. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh personel kesehatan Pos Nelu Kipur-I, Rosalina diketahui menderita sakit asma, panas tinggi dan kepala pusing.

"Mengetahui hal itu, anggota saya langsung memberikan tindakan berupa pemberian obat kepada ibu Rosalian. Setelah itu, anggota saya lengsung melakukan evakuasi ke Puskesmas Manamas pada Hari Senin, 21 Januari 2019," ujarnya.

Akses jalan yang sulit, tambah Hendra, membuat proses evakuasi sedikit memerluarkan waktu. Hal itu karena mulai dari rumah Rosalina harus dievakuasi mengunakan tandu darurat untuk dibawa pinggir jalan yang berjarak sejauh kurang lebih 200 meter dengan berjalan kaki.

Djajadi Akhir Masa Bakti! Agus Sosiawan Pimpin HATHI NTT Periode 2018-2021

Mulanya Minta Nomor HP dan Facebook, Pria Beristri Tiduri Pelajar 16 Tahun

Sesampainya dipinggir jalan, ungkap Hendra, Serda Rudi Ahmad Yusuf Wadanpos Nelu Kipur – I membonceng Rosalina Keno menuju Puskesmas Manamas dengan menggunakan kendaraan sepeda motor didampingi oleh Pratu Haryz Budi Santoso, Pratu Ahmad Kairul Rosyikin, Pratu Imran Rosyadin A Saleh dan Pratu Lukas Pangeli yang berjarak kurang lebih 20 Kilometer dengan kondisi jalan yang rusak.

Atas inisiatif tersebut, ungkap Hendra, selaku Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat, dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan prajuritnya di Pos Nelu Kipur-I. Dimana ketika melaksanakan kegiatan komsos diwilayahnya menemukan warga dalam kondisi sakit.

"Anggota kami yang berada di Pos Nelu Kipur-I berinisiatif dengan cepat tanggap membantu dari segi bahan makanan dan membantu memeriksakan Ibu Rosalina ke Puskesmas terdekat. Melihat kondisi medan yang cukup saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh prajurit di Pos Nelu Kipur – I," ungkapnya.

Hendra mengatakan, agar anggotanya dapat melanjutkan serta maksimalkan apa yang bisa dilakukan kepada masyarakat. Sehingga apa yang dilakukan dengan cepat ini dapat berdampak positif bagi seluruh masyarakat yang merasakannya.

Pick Up Vs Mio, Tiga Warga Mauponggo di Nagekeo Dilarikan ke Rumah Sakit, Begini Kondisinya!

Satu Kalimat Tanya Dari Abu Bakar Baasyir Setelah Batal Bebas. Yuk Simak!

Seornag Guru PAUD di Dusun Nelu, Desa Sunsea, Yoneta Maria Oematan mengucapakan terima kasih kepada personel Pos Nelu Kipur-I dan Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat karena telah membantu warga di desa tersebut mulai dari memberikan sembako, pelayanan kesehatan sampai dengan mengevakuasi warga ke Puskesmas Manamas walaupun dengan prasarana yang terbatas dan kondisi jalan licin.

"Semoga Yonif Mekanis 741/GN selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan selalu dekat dihati masyarakat terutama di Dusun Nelu Desa Sunsea, Kecamatan, Naebenu Kabupaten TTU," ucapnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved