Berita Kota Kupang Terkini

Tanggulangi Sampah ! Kelurahan TDM dan Oebufu Siapkan Rumah Pengolahan Sampah

Rumah pengolahan sampah sudah ada, kita akan lakukan rapat dengan berbagai pihak terkait untuk mempersiapkan launching rumah tersebut dalam waktu deka

Tanggulangi Sampah ! Kelurahan TDM dan Oebufu Siapkan Rumah Pengolahan Sampah
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Lurah Tuak Daun Merah (TDM) Kota Kupang, Imanuel Ully, di ruang kerjanya, Rabu (9/1/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM) dan Oebufu Kota Kupang, telah memiliki sebuah rumah pengolahan sampah berbasis masyarakat.

Rumah pengolahan sampah tersebut dibangun berkat kerjasama dari pihak Pertamina melalui dana CSR dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tujuannya, untuk menanggulangi sampai di dua Keluarkan tersebut dan memberdayakan masyarakat, yang mana sampah-sampah akan diolah menjadi pupuk dan bahan kerajinan yang bernilai ekonomis.

Saat Kepergok, Mahasiswi ini Menantang Oknum Dosen, Memilih Dia atau Istrinya?

83 Kilometer Jalan Sabuk Merah Sektor Timur Sudah Hotmix! Implementasi Nawacita

Demikian dijelaskan oleh Lurah TDM, Imanuel Ully, kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (9/1/2019) di ruang kerjanya.

"Rumah pengolahan sampah sudah ada, kita akan lakukan rapat dengan berbagai pihak terkait untuk mempersiapkan launching rumah tersebut dalam waktu dekat ini," ungkap.

Lurah yang baru dilantik pada Desember 2018 ini menjelaskan, rumah sampah tersebut akan digunakan oleh warga TDM dan Oebufu.

Rumah pengolahan sampah, lanjutnya, berada di RT 06 TDM yang merupakan wilayah perbatasan Kelurahan TDM dan Kelurahan Oebufu.

Ia menjelaskan, pihaknya dalam koordinasi dengan pihak Kelurahan telah mempersiapkan berbagai sarana dan petugas yang akan mengatur dan mengawasi aktivitas di rumah pengolahan sampah tersebut.

"Kita sudah siapkan banyak hal termasuk petugas. Nah para petugas ini kita gaji melalui swadaya dari masyarakat," ungkapnya.

Perugas, kata Imanuel, sehari-harinya memilah sampah sampah seturut jenisnya, yaitu sampah organik dan non-organik. "Organik kita jadikan pupuk, non-organik kita olah menjadi bahan kerajinan tangan," jelasnya.

Dijelaskannya, pihak Kelurahan sudah mensosialisasikan fungsi dan manfaat dari rumah pengolahan sampah tersebut.

Selain itu, untuk memudahkan, distribusi sampah dari rumah-rumah warga dan tempat-tempat sampah di area TDM dan Oebufu, telah diadakan satu unit motor sampah. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved