Berita Kabupaten TTS

Pemda TTS Wacanakan Perampingan OPD

Jumlah dinas yang sebelumnya ada 23 dinas akan kita hilangkan 7 menjadi 16 dinas. Sedangkan badan, dari 8 badan kita marger menjadi 5 badan

Pemda TTS Wacanakan Perampingan OPD
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Plh Bupati TTS, Marthen Selan 

POS-KUPANG.COM|SOE – Pemerintah daerah TTS mewacanakan perampingan organisasi perangkat daerah ( OPD). Hal ini dilakukan usai mendapatkan petunjuk dari Gubernur NTT, Viktor Laiskodat terkait penghematan anggaran dan efektivitas OPD.

Plh. Bupati TTS, Marthen Selan mengatakan, saat ini di lingkup Pemkab TTS terdapat 36 OPD. Diwacanakan, dari 36 OPD akan dimarger menjadi 21 OPD, yang terdiri dari 16 Dinas dan 5 badan. Saat ini bagian organisasi Setda TTS sedang membuat kajian terkait marger OPD tersebut. Hasil kajian ini selanjutnya akan disodorkan kepada bupati TTS terpilih pasca dilantik sebelum dibahas bersama DPRD TTS.

" Jumlah dinas yang sebelumnya ada 23 dinas akan kita hilangkan 7 menjadi 16 dinas. Sedangkan badan, dari 8 badan kita marger menjadi 5 badan. Kita masih sementara buat kajiannya," ungkap Marthen kepada pos kupang, Rabu ( 9/1/2019) di kantor bupati TTS.

Plt. Ketua DPD II Golkar Sumtim Siap Koordinasi dengan Gidion

Grand Opening 9 Januari, Harga Supremee di Food Corner Cuma Sembilan Rupiah

Terpisah, Bupati TTS terpilih, Epy Tahun mengatakan, mendukung penuh wacana untuk melakukan perampingan OPD. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan penghematan anggaran dan efektivitas OPD. Anggaran hasil penghematan selanjutnya akan digunakan untuk melakukan kegiatan pembangunan fasilitas umum dan pemberdayaan masyarakat Kabupaten TTS.

" Saya dan Pak Army juga punya semangat yang sama untuk melakukan perampingan OPD. Jadi kalau sudah dibuat kajiannya itu lebih baik. Sehingga setelah dilantik sudah bisa saya dan Pak Army pelajari hasil kajiannya. Prinsipnya, APBD kita digunakan secara efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten TTS, " tegas Epy

Terpisah,Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( DPPKB) Kabupaten TTS, Rongky Manbait mengaku, tidak mempermasalahan wacana perampingan OPD. Menurutnya, jika memang dinilai perampingan OPD penting dilakukan untuk menghemat anggaran dan efektivitas kinerja OPD, dirinya mendukung hal tersebut.

" Kalau memang Dinas kita mau dimarger dengan Dinas lain saya tidak ada masalah. Selagi itu untuk kepentingan daerah dan masyarakat umum saya dukung," sebutnya. ( Laporan Reporter Pos-Kupang.com, Dion Kota )

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved