Berita Kota Kupang Terkini

Polres Kupang Kota Tingkatkan Pelayanan, Dapat Penghargaan dari Kemenpan RB

Polres Kupang Kota bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat usai mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB

Polres Kupang Kota Tingkatkan Pelayanan, Dapat Penghargaan dari Kemenpan RB
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana PT Binti (kanan) foto bersama Kapolres Manggarai Barat dan Kapolres Manggarai usai menerima penghargaan di Shangri La Plaza Jakarta, 11 Desember 2018. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Polres Kupang Kota bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat usai mendapatkan penghargaan untuk kategori unit penyelenggara pelayanan publik dari Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana PT Binti, Sabtu (5/1/2019) mengatakan, Polres Kupang Kota tetap akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang selama ini telah dinilai baik oleh Kementerian.

"Untuk penilaian tahun 2018, kita masuk kategori B dari 194 Polres di 34 Kepolisian Daerah, dari kementerian mengatakan bahwa ada peningkatan dari tahun sebelumnya," ujar Kapolres Satrya di ruangannya.

Dua Hari Defisit Listrik PLN di Labuan Bajo, Pemadaman Berlanjut

Saat ini, lanjut Satrya, Polres Kupang Kota sedang dalam tahapan Zona Integritas menuju WBK dalam hal penilaian pelaksanaan pelayanan publik.

"Hal yang harus kita syukuri adalah bahwa kita ada peningkatan, progres, tetapi ada beberapa poin yang masih harus dibenahi bersama. Tetapi kedepan kita akan berusaha tingkatkan lagi agar pelayanan dirasakan oleh masyarakat, minimal mereka merasa nyaman untuk mengurus kebutuhan mereka di Polres Kupang Kota," ujar Kapolres.

Darimana Tanaman Kakao Bikin Cokelat Sikka Paling Dicari?

Kapolres Satrya menjelaskan, dalam penilaian pada tahun 2017 yang lalu, Polres Kupang Kota memperoleh tipe B dengan ranking 26 dari 73 Polres yang ikut penilaian, sedangkan pada tahun 2018, Polres Kupang Kota mendapat penilaian B+ dari 194 Polres yang dinilai.

Pemberian penghargaan ini sendiri telah dilaksanakan dalam acara Penyerahan Hasil Evaluasi dan Apresiasi Pelayanan Publik Lingkup Polres/Polresta/Polrestabes dan Polres Metro Tahun 2018 oleh Kementerian PAN dan RB pada 11 Desember 2018 di Hotel Shangri La Plaza, Jakarta.

Lebih lanjut Kapolres Satrya menjelaskan, even ini dilaksanakan dalam rangka penilaian dalam memberikan pelayanan kepada publik. Item pelayanan publik yang dinilai untuk unit pelayanan publik di Polres terdiri dari pelayanan SPKT, SKCK dan Satpas di Satuan Lantas.

Selain Polres Kupang Kota, dua Polres di jajaran Polda NTT yang yang ikut dalam penilaian adalah Polres Manggarai dan Polres Manggarai Barat.

Penilaian sendiri, lanjutnya telah dilakukan melalui monitoring selama setahun sejak awal tahun 2018 oleh Kemenpan RB kerjasama Mabes Polri.

Penilaian yang diberikan dalam Hasil Evaluasi dan Apresiasi Pelayanan Publik terdiri dari nilai A+ atau kategori super untuk dua Polres yakni Polrestabes Surabaya dan Polres Banyuwangi, nilai A- atau WBK sebanyak 19 Polres, nilai B sebanyak 56 Polres termasuk Polres Kupang Kota, nilai B- sebanyak 63 Polres, nilai C sebanyak 37 Polres, nilai C- sebanyak 13 Polres dan nilai D sebanyak 4 Polres. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved