Berita Kota Kupang Terkini

Siapkan Diri Hadapi Revolusi Industri 4.0, HMJ Kimia FST Undana Gelar Seminar Nasional

menghadapi revolusi industri 4.0, Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknik (FST) Undana Kupang menggelar seminar nasional

Siapkan Diri Hadapi Revolusi Industri 4.0, HMJ Kimia FST Undana Gelar Seminar Nasional
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Suasana seminar nasional yang digelar HMJ Kimia FST Undana di Aula Rektorat Lama Undana Penfui, Kota Kupang, Sabtu (24/11/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Geci

Baca: Polisi Kantongi Dua Nama Saksi Kunci Kasus CIP

o Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dalam rangka menyiapkan diri menghadapi revolusi industri 4.0, Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknik (FST) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menggelar seminar nasional, Sabtu (24/11/2018).

Seminar nasional yang bertema 'Kontribusi Ilmu Kimia dalam era generasi milenial serta peranan mahasiswa kimia dalam menghadapi era revolusi Industri 4.0' itu dilaksanakan di Aula Rektorat Lama Undana Penfui, Kota Kupang.

Ratusan mahasiswa yang mengenakan jas almamater Undana Kupang berwarna kuning terlihat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemateri.

Baca: Kepala Desa di Sikka, Flotim dan Lembata Rebutan Dialog dengan Gubernur NTT

Bertindak selaku pemateri yakni, dosen jurusan FKIP Kimia Undana, Dr. Yantus A. B. Neolaka, S.Pd., M.Si dan Prof. Reiner I. Lerrick, S.Si., M. Sc.,Ph.D.

"Peranan mahasiswa harus belajar dan lebih aktif lagi untuk menghadapi era revolusi industri 4.0," Ungkap Ketua HMJ Kimia, Herson Nataniel Hawu.

Dia menjelaskan, revolusi industri saat ini tidak dapat terelakkan lagi dimana perkembangan demi perkembangan terus terjadi. Tidak terkecuali perkembangan dalam disiplin ilmu Kimia sehingga mengharuskan mahasiswa untuk mempersiapkan dirinya.

"Kami semua yang berada di semester I-IX di kampus ini merupakan generasi milenial dimana rata-rata lahir di era tahun 1990an. Nah, generasi milenial ini identik dengan dunia maya, jadi mereka mengirimkan sesuatu atau mengerjakan sesuatu lewat dunia maya dan kami mau belajar bagaimana peranan generasi mileanial atau kalau ada persoalan kami dapat menghadapi persoalan-persoalan tersebut," ujarnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan tersebut, dapat merubah pola pikir dan menghasilkan mahasiswa yang tidak saja memiliki kemampuan akademik tapi memiliki soft skill sehingga dapat mengaktualisasikan diri di tengah perkembangan yang begitu cepat.

"Kalau kuliah kami berhadapan dengan rumus, sedangkan melalui kegiatan ini para mahasiswa dapat terbuka pemikirannya dan dapat melatih soft skill karena materi juga disampaikan video-video dan lainnya," katanya.

Dikesempatan yang sama, seorang mahasiswi Jurusan Kimia FST Undana, Maria Atie yang ditemui POS-KUPANG diakhir kegiatan mengungkapkan, seminar tersebut sangat bagus dan sangat berkontribusi bagi para mahasiswa.

"Manfaat dari kegiatan seminar tadi bisa menambah wawasan sekaligus membuka pola pikir mahasiswa Jurusan Kimia khususnya dalam menghadapi era revolusi 4.0 pada tahun 2020 nanti untuk berpikir lebih kreatif menciptakan material-material terbaru seperti material carbon nanotubes yang tentunya menjadi salah satu material yg diperlukan pada bagian teknologi era revolusi 4.0," jelasnya.

Dirinya berharap, kegiatan yang sama dapat dilakukan secara reguler oleh ormawa kampus sehingga dapat membangun ikatan kerja sama dengan mahasiswa dari jurusan lainnya di Undana.

"Harapannya dapat mengadakan seminar-seminar yang cakupannya lebih luas lagi dari Jurusan Kimia FST Undana supaya bisa membangun jaringan kerja sama dari berbagai jurusan" katanya. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved