Berita Kabupaten Kupang

UPT PPKAD Berhasil Selamatkan Dana Tunggakan Pajak PKB Rp 140, 7 Juta

pola jemput bola dimana tim turun langsung ke kecamatan dan desa menjalin kerjasama dengan aparat Polsek, koramil, tokoh agama, tokoh masyarakat.

UPT PPKAD Berhasil Selamatkan Dana Tunggakan Pajak PKB Rp 140, 7 Juta
POS KUPANG/EDY HAYONG
Kegiatan penagihan pajak PKB oleh tim UPT PPKAD NTT Wilayah Kabupaten Kupang. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM I BABAU---Unit Pelaksana Teknis (UPT) PPKAD NTT Wilayah Kabupaten Kupang patut diapresiasi positif. Kerja keras tim dalam penagihan tunggakan pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kabupaten Kupang dalam bulan Oktober 2018 ini berhasil menyelamatkan dana tunggakan senilai Rp 140.758.350.

Hal ini ditunjang dari pola jemput bola dimana tim turun langsung ke kecamatan dan desa menjalin kerjasama dengan aparat Polsek, koramil, tokoh agama, tokoh masyarakat.

Kepala UPT.PPKAD Wilayah Kabupaten Kupang, Yohanes Boro Hali didampingi  Kepala Tata Usaha Oktavianus Mare, menyampaikan hal ini kepada wartawan, Jumat  (3/11/2018).

Baca: Brimob Ende Gelar Jalan Sehat, Simak Parade Foto Mereka

Baca: Fika Fawzia Asisten Menteri Susi Pudjiastuti, Tak Hanya Cantik, Ini Loh Kelebihan Lainnya

Baca: Tega Nian, Dicekoki Minuman Keras Hingga Pingsan, Polisi Wanita Ini Diperkosa Tiga Orang Rekannya

Baca: Lion Jatuh: 5 Kisah Haru Korban Kecelakaan Lion Air JT 610 Yang Baru Pertama Naik Pesawat

Baca: Gunakan Bahan Sederhana, Cara Aman Bersihkan Telinga Tanpa Cutton Bud

Yohanes menjelaskan, kegiatan penagihan tunggakan PKB bagi wajib pajak di daerah ini akan terus dilakukan. Selama ini pola lama yang digunakan dengan duduk di tempat menunggu wajib pajak datang membayar tidak efektif. Untuk itu, inovasi yang dilakukan pihaknya adalah menggunakan pola jemput bola dimana tim turun langsung ke lapangan. 

Pola ini, kata Yohanes,  sangat efektif dan hasil kerja tim dari lapangan membawa hasil luar biasa. Hal ini karena pola kerjasama antara pihaknya dengan para pihak seperti aparat Polsek, koramil, tokoh agama, tokoh masyarakat. Warga dihimbau untuk membayar pajak karena tim langsung ke lapangan tidak lagi duduk di kantor.

"Dalam bulan Oktober 2018 tim berhasil mendapatkan dana tunggakan PKB sebesar Rp 140.758.350. Dari total ini, kita masukan ke kas daerah sebesar Rp 104.097.850, penerimaan negara bukan pajak ke kepolisian Rp 14.905.000, Jasa Raharja Rp 21.755.500," katanya.

Baca: Gunakan Bahan Sederhana, Cara Aman Bersihkan Telinga Tanpa Cutton Bud

Baca: Sederhana Tapi Praktis! 11 Ilustrasi Ini Mengajakmu Mengenal Gejala Depresi yang Jarang Disadari

Baca: Lion Jatuh: 5 Kisah Haru Korban Kecelakaan Lion Air JT 610 Yang Baru Pertama Naik Pesawat

Menurutnya, langkah ini akan terus dilakukan guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Kupang. Inipun sekaligus memudahkan dan membantu masyarakat menghemat waktu, biaya dan tenaga dengan pola pelayanan jemput bola.

Dikatakannya, upaya pelayanan jemput bola dari kecamatan ke kecamatan, desa ke desa sangat membantu, agar warga tidak perlu jauh- jauh datangi tempat pelayanan di Babau.

Diungkapkannya, animo masyarakat wajib pajak  semakin baik dengan pola pelayanan jemput bola ini. Kedepan akan terus dilakukan dengan harapan suatu ketika kesadaran warga melihat pembayaran pajak sebagai kewajiban.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved