Berita NTT Terkini

Gubernur Laiskodat Dorong REI NTT Tingkatkan Penjualan Rumah Komersil

Pertumbuhan rumah di NTT masih didominasi rumah bersubsidi. Meski demikian, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong REI NTT

Gubernur Laiskodat Dorong REI NTT Tingkatkan Penjualan Rumah Komersil
POS-KUPANG.COM/Adiana Ahmad
Gubernur NTT, Viktor Laiskodat (tengah) didampingi Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby (kanan) ketika mengunjungi arena Bank NTT-REI Expo 2018 di Lippo Plaza, Sabtu (27/10/2018) siang 

Laporan Reporter POS-KUPABG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pertumbuhan rumah di NTT masih didominasi rumah bersubsidi. Meski demikian, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong REI NTT untuk meningkatkan penjualan rumah komersil.

Hal itu disampaikan Viktor ketika berdialog dengan Ketua REI NTT, Bobby Pitoby di Arena Bank NTT-REI Expo 2018 di Lippo Plaza Kupang, Sabtu (27/10/2018).

Alasannya, menggeliatnya penjualan rumah komersil menandakan ada peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca: Ini Harapan Kadispora Nagekeo Seusai Kegiatan Pesta Siaga

"Pak Gubernur tanya dari tahun ke tahun ada peningkatan penjualan rumah komersil atau tidak. Saya bilang ada, tapi masih minim. Kalau lihat expo 3 tahun lalu, memang rumah komersil yang terjual hanya satu dua unit. Kali ini ada peningkatan. Sampai kemarin rumah komerail laku sampai 13 unit," kata Bobby.

Baca: Lewat Expo Anak Bisa Mempersiapkan Diri Sejak Dini

Bobby mengatakan, angka tersebut menunjukan adanya pertumbuhan signifikan karena rumah komersil ada yang harga sampai Rp 1,5 miliar.

Viktor juga menanyakan, kelompok manakah yang lebih dominasi pembelian rumah selama pameran? Bobby menjawab apakah 99 persen ber KTP NTT. Ada yang dari luar, tapi sedang proses jadi penduduk NTT.

"Beliau juga bertanya bagaimana dengan fasum dan fasos. Beliau juga minta di perumahan harus siapkan taman baca. Karena beliau mempunyai program untuk pengadaan buku-buku bacaan. Harus ada ruang terbuka di perumahan," kata Bobby.

Bobby menjelaskan, kalau perumahan komersil, developer yang siapkan fasum dan fasos. Tapi kalau rumah subsidi, developer hanya siapkan lahan. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved