Berita Kabupaten TTS Terkini

Esok Logistik Pemungutan Suara Ulang Distribusi ke 30 TPS

KPU Kabupaten TTS di bawah pengawasan Bawaslu Kabupaten TTS telah selesai melakukan pengepakan logistik PSU untuk 30 TPS

Esok Logistik Pemungutan Suara Ulang Distribusi ke 30 TPS
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Komisioner KPU Kabupaten TTS, Yulius Efendi Litelnoni, sedang melakukan pengawasan proses pengepakan logistik PSU di kantor sekertariat KPU Kabupaten TTS. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten TTS di bawah pengawasan Bawaslu Kabupaten TTS telah selesai melakukan pengepakan logistik pemungutan suara ulang (PSU) untuk 30 TPS, Rabu (17/10/2018).

Esok, Kamis (18/10/2018) KPU akan melakukan pendistribusian logistik langsung ke 30 TPS di bawah pengamanan Polres TTS dan pengawasan Bawaslu Kabupaten TTS.

Komisioner KPU Kabupaten TTS, Yulius Efendi Litelnoni mengatakan, KPU telah selesai melakukan proses sortir dan pengepakan logistik PSU Pilbup TTS.

Baca: Apol Mayan: Masyarakat Harus Terlibat Aktif, Expo Uyelewun Raya Itu Pesta Rakyat Kedang

Untuk memastikan jika logistik yang dimasukan ke kotak suara sudah tepat jenis dan tepat jumlah, Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS akan secara bersama-sama melakukan pengecekan ulang logistik yang sudah dimasukan ke kotak suara.

Jika sudah dipastikan lengkap, barulah segel kotak suara ditempel dan logistik didistribusikan ke TPS.

Baca: Masyarakat Ende Diminta Segera Lapor Apabila Jadi Korban Curanmor

"Kita lakukan pengecekan secara berlapis untuk memastikan logistiknya tepat jumlah dan tepat jenis. Selain dilakukan pengecekan oleh komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS, pengecekan juga dilakukan oleh PPK dan Panwascam. Hal ini dilakukan agar logistik yang didistribusikan benar-benar tepat jenis dan tepat jumlah," ungkap Yulius.

Untuk proses distribusi sendiri, lanjut Yulius, pihak KPU sudah melakukan koordinasi dengan Polres TTS guna melakukan pengamanan mulai dari kantor sekertariat KPU Kabupaten TTS hingga tiba di TPS.

Selain itu, nantinya anggota gabungan dari Polres TTS dan Kodim 1621 TTS akan berjaga di TPS untuk memastikan logistik aman hingga pelaksanaan PSU usai nantinya.

"Untuk proses distribusi esok akan ada pengamanan dari Polres TTS dan pengawasan dari Bawaslu Kabupaten TTS. Selain itu, anggota keamanan sudah berjaga di TPS yang melaksanakan PSU untuk memastikan logistik dan pelaksanaan PSU aman," ujarnya.

Ditemui terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Melky Fay mengatakan, selama proses sortir hingga distribusi Bawaslu selalu melakukan pengawasan untuk memastikan kekurangan logistik tidak terjadi lagi.

Bersama para komisioner KPU, Bawaslu melakukan pengecekan kembali kelengkapan logistik sebelum disegel dan didistribusikan.

Dalam proses distribusi pun akan ada anggota Panwascam yang akan ikut melakukan pengawasan guna memastikan logistik tetap aman.

"Mulai dari proses sortir dan pengepakan kita selalu melakukan pengawasan. Tidak hanya itu, teman-teman dari Panwascam juga kita libatkan dalam melakukan pengawasan selama proses sortir dan pengepakan untuk memastikan logistik yang dimasukan ke kotak suara lengkap. Nantinya, dalam proses distribusikan pun teman-teman Panwascam tetap melakukan pengawasan hingga hari pelaksanaan PSU," pungkasnya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved