Berita Kabupaten TTS

TMMD Sebagai Bentuk Kebersamaan TNI Dalam Membangun Desa

TNI dan Masyarakat dalam membangun desa. Bersama masyarakat desa, TNI bergerak untuk menyediakan air bersih, akses jalan, jamban

TMMD Sebagai Bentuk Kebersamaan TNI Dalam Membangun Desa
POS KUPANG.COM/DION KOTA
Plh Bupati TTS, Marthen Selan sedang menyerahkan bahan bangunan secara simbolis untuk pelaksanaan TMMD kepala Perwakilan TNI dan Linmas Desa Fatukoko. 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – Plh. Bupati TTS, Marthen Selan mengatakan, Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD) merupakan bentuk kebersamaan antara Pemerintah,

TNI dan Masyarakat dalam membangun desa. Bersama masyarakat desa, TNI bergerak untuk menyediakan air bersih, akses jalan, jamban sehat dan lantai rumah yang layak untuk masyarakat. Sementara Pemda TTS berperan dalam mengalokasikan anggaran untuk program TMMD.

" Pemda TTS sangat mendukung pelaksanaan program TMMD karena memiliki kontribusi dalam membangun desa. Saya minta tolong kerjakan tepat waktu empat program yang menjadi sasaran TMMD tahun ini di Desa Fatukoko, Kecamatan Mollo Barat.

Baca: Warga Pesisir Ikut Pelatihan Pengolahan Rumput Laut

 

Baca: KPU TTS Mulai Sortir Logistik untuk Pemungutan Suara Ulang

Kita berharap, dengan program TMMD masalah air bersih dan akses jalan bisa terselesaikan sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat," ungkap Marthen dalam sambutannya ketika membuka secara resmi pelaksanaan program TMMD tahun 2018 di Desa Fatukoko, Senin ( 15/10/2018) pagi.

Dandim 1621 TTS Letkol Cpn Rhino Charles Tuwo menjelaskan, dalam TMMD tahun ini, TNI bersama masyarakat akan melakukan pembukaan jalan baru sepanjang 1,2 Km yang menghubungkan perumahan warga dengan jalan umum.

Selain itu, TNI bersama masyarakat Fatukoko juga akan memasang jaringan perpipaan, dari sumber air ke lokasi pemukiman masyarakat. Pasalnya selama ini, masyarakat setempat harus menempuh jarak sekitar 1 Km untuk mencapai sumber mata air. Namun dengan dibangunnya jaringan perpipaan, masyarakat bisa mendapatkan air bersih langsung di lokasi pemukimannya.

" Ada salah satu dusun di Desa Fatukoko yang sedikit terisolasi karena akses jalan dari dusun mereka ke jalan umum belum ada. Nantinya dengan dilakukan pembukaan jalan baru ini, kendaraan bermotor khususnya roda empat sudah bisa masuk ke dusun tersebut, sehingga mobilitas masyarakat lebih muda dan cepat. Selain jalan, kita juga akan membangun jaringan perpipaan untuk menjawab persoalan air bersih yang selama ini menjadi pergumulan masyarakat setempat," ungkap Rhino.

Selain jalan dan jaringan perpipaan, lanjut Rhino, dalam kegiatan TMMD tersebut, juga akan dilakukan lantainisasi untuk 50 rumah dan pembangunan jamban sehat untuk 25 sasaran penerima bantuan. Melalui lantainisasi dan jamban sehat diharapkan bisa meningkat kualitas hidup sehat masyarakat setempat.

" Setelah kita survei, masih ada masyarakat yang lantai rumahnya masih beralas tanah dan jambannya belum jamban sehat. Oleh sebab itu, melalui TMMD kita ingin membantu saudara-saudari kita agar bisa memiliki lantai rumah dan jamban yang sehat," jelasnya.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved