Berita Kabupaten Kupang

SMA Negeri 2 Nekamese Minta Bantuan Dana kepada Pemerintah

sekolah itu dibangun karena penyerahan tanah dan penanaman pilar dilakukan dalam kebaktian penanaman yang melibatkan semua unsur

SMA Negeri 2 Nekamese Minta Bantuan Dana kepada Pemerintah
POS KUPANG.COM/RICKO WAWO
Kondisi SMA Negeri 2 Nekamese Kabupaten Kupang secara resmi telah menerima izin operasional sebagai sekolah persiapan dari Dinas Pendidikan Provinsi NTT. 

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG. COM-KUPANG-SMAN 2 Nekamese Kabupaten Kupang secara resmi telah menerima izin operasional sebagai sekolah persiapan dari Dinas Pendidikan Provinsi NTT. Penyerahan surat keputusan dan izin operasional ini diberikan oleh

Kepala UPT Wilayah 1 Dinas Pendidikan Provinsi NTT Saleha Wongso Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang sekaligus tokoh masyarakat Imanuel Buan pada saat acara peresmian di kompleks SMAN 2 Nekamese, Jalan Lasarus Meni, Desa Taloetan, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, Sabtu (13/10/2018) pagi.

Dalam laporannya, Herman Mata selaku tokoh perintis sekolah meminta pemerintah provinsi melalui dinas pendidikan bisa membantu dana operasional khususnya untuk sarana dan pra sarana sekolah mengingat gedung sekolah yang ada masih dibangun secara swadaya dengan kayu bebak dan daun gewang. Ia juga meminta kepada pemerintah untuk melibatkan para guru SMAN 2 Nekamese dalam setiap pelatihan dan segera melantik kepala sekolah definitif.

"Sekolah ini dibangun bukan karena keinginan kelompok tertentu. Intinya untuk menyalurkan aspirasi masyarakat yang tidak pernah disentuh sampai saat ini yakni kebutuhan akan sekolah," ungkapnya.

Ia mengisahkan demi mewujudkan aspirasi ini, pada Bulan Mei 2015 panitia dibentuk. Setelah itu, panitia melakukan pendekatan dengan tokoh adat, tokoh masyarakat dan pemerintah desa. Pendekatan juga dilakukan dengan pemilik tanah Luther Nesi.

Ia menjamin pada masa mendatang tak akan ada masalah dengan tanah tempat sekolah itu dibangun karena penyerahan tanah dan penanaman pilar dilakukan dalam kebaktian penanaman yang melibatkan semua unsur pimpinan pemerintah dan adat.

"Gedung dibangun dalam waktu 3 hari," jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang Imanuel Buan menyampaikan akan berkoordinasi dengan semua stakeholder dan meminta semua bekerja sama untuk perkembangan sekolah. Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Joni Nomseo juga memotivasi para murid untuk tekun belajar.

"Berdasarkan evaluasi di tingkat provinsi dan nasional anak anak yang sekolah di desa lebih berprestasi daripada anak anak di kota," ungkapnya.

Atas nama pemerintah, Kepala UPT Wilayah 1 Saleha Wongso mengatakan pendirian sekolah ini sangat layak karena jarak SMAN 1 Nekamese Kabupaten Kupang terlalu jauh.

Alexander Lasi selaku koodinator sekolah menandaskan jumlah guru di sekolah tersebut sebanyak 18 orang dengan rincian tiga guru berstatus PNS dan 15 orang guru honorer. SMAN 2 Nekamese Kupang yang berdiri di atas tanah seluas 1 hektare hanya memiliki dua ruang kelas untuk kelas X dan kelas XI yang didirikan secara swadaya oleh masyarakat menggunakan dinding bebak dan daun gewang serta satu ruang guru.

"Ini sudah tiga angkatan dan sekarang untuk kelas XII sudah dititipkan di SMAN 1 Kupang Barat untuk persiapan ujian nasional," katanya.

Acara penyerahan izin operasional berlangsung meriah. Para pejabat dari pemerintah kabupaten Kupang dan Dinas Pendidikan Provinsi NTT disambut secara adat oleh para tetua adat dan tarian diiringi gong dan gendang. Sebanyak 130 siswa juga turut ambil bagian dalam acara ini. Usai penyerahan izin operasional, Kepala UPT Wilayah 1 Saleha Wongso melakukan pemotongan pita tanda resminya sekolah tersebut beroperasi.

Hadir dalam acara itu Kapela Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang Imanuel Buan, Plt Sekda Kabupaten Kupang Joni Nomseo, Tuan Tanah Luther Nesi, Kepala desa Taloetan Jusak Bilaut dan Camat Nekamese Mesakh Dethan. (*)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved