Berita Ekonomi Bisnis

Begini Cara Menggunakan Transaksi BRIVA

BRI Cabang Kupang meluncurkan transaksi non tunai, BRI Virtual Account di Bandara El Tari Kupang, Selasa (9/10/2018).

Begini Cara Menggunakan Transaksi BRIVA
POS-KUPANG.COM/Adiana Ahmad
Pemimpin Cabang BRI Kupang, Patar Pandapotan (kanan) menyerahkan nota kerja sama layanan transaksi non tunai BRIVA dan Meain EDC kepada General Manager PT. Angkasa Pura I Kupang, Barata Singgih ( kiri) di Kantor Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, Selasa (9/10/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | KUPANG - BRI Cabang Kupang meluncurkan transaksi non tunai, BRI Virtual Account di Bandara El Tari Kupang, Selasa (9/10/2018). Anda tertarik menggunkan produk tersebut? Syaratnya harus memiliki rekening Giro di BRI.

Hal itu dijelaskan Funding Officer BRI Cabang Kupang, Verny Boymau pada Peluncuran dan Sosialisasi BRIVA di Bandara El Tari Kupang, Selasa (9/10/2018).

Lalu, apa itu BRIVA? Verny menjelaskan, BRIVA merupakan fasilitas layanan perbankan yang diberikan pada rekening giro dengan kode khusus dimana untuk mengakses fasilitas tersebut menggunakan nomor rekening virtual sebagai rekening yang mewakili rekening giro.

Baca: Kematian Pati Leu, 9 Petugas Lapas Lembata Telah Divonis Penjara

Keuntungan menggunakan produk tersebut, kata Verny, mudah mengidentifikasi transaksi, implementasi lebih cepat, pengkreditan dana real time dan memudahkan dalam pembayaran (sekali klik) pembayaran selesai.

Baca: Rekrutmen CPNS 2018 di Daerah Terdampak Gempa Sulteng Ditunda hingga 2019

Verny menjelaskan, BRIVA dilakukan melalui mesin EDC yang bisa dipindah tempat. Mesin EDC BRIVA ada tiga jenis yakni EDC Merchant, EDC UKO dan EDC BRILink.

Perbedaannya hanya pada fitur-fitur yang ada di masing-masing EDC. EDC Merchant, terdapat Brizzi dan menu pembayaran untuk belanja bisa dengan kartu daari bank lain. EDC Uko, menu lebih lengkap. Ada info saldo, pembayaran kredit sepeda motor, pembayaran kartu telepon (isi ulang maupun transfer). EDC Uko hanya bisa mengakses kartu BRI dan digunakan untuk kantor, instansi atau corporate.

Sedangkan BRILink digunakan untuk transfer, bayar kredit, BPJS, isi ulang, juga bayar uang kuliah di Undana Kupang. BRIVA bisa diakses dari SMS Banking BRI atau internet banking baik dari telepon genggam maupun laptop. Syaratnya, harus memiliki kartu ATM Giro.

Humas PT Angkasa Pura I Kupang, Kadir Usman menambahkan, dengan kerja sama antara BRI dan PT Angkasa Pura I tersebut, maka pada tahun 2019, aka nada tambahan pasal dalam MoU pihak-pihak yang bekerja sama dengan PT Angkasa Pura I Kupang, yakni wajib pasang EDC.

Selain dengan BRI, Usman mengatakan, PT Angkasa Pura I juga bekerja sama dengan Bank Mandiri dan BNI untuk kemudahan-kemudahan transaksi melalui Virtual Account. "Jadi wajib pasang EDC untuk mudahkan pelayanan kepada customer," demikian Usman. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved