Berita Nasional Terkini

Wapres Kalla Minta Pemda Jangan Cuma Studi Banding, tapi Hasilnya Nihil

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pemerintah daerah berinovasi dalam membangun daerahnya. Jangan hanya gemar studi banding, namun hasilnya nihil.

Wapres Kalla Minta Pemda Jangan Cuma Studi Banding, tapi Hasilnya Nihil
KOMPAS.com/Dok Sekretariat Wakil Presiden
Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (10/9/2018) 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pemerintah daerah berinovasi dalam membangun daerahnya. Jangan hanya gemar studi banding, namun hasilnya nihil.

"Anda semua melihat kondisi yang berubah cepat itu. Jangan hanya daerah-daerah selalu studi banding, tapi pulang tidak bisa bikin apa-apa," ujar Kalla dalam acara pelatihan kepemimpinan nasional di Jakarta, Senin (8/10/2018).

"Studi banding perlu untuk melihat perubahannya, lalu apa yang (perlu) berubah, apa yang tidak," sambung Kalla.

Baca: Gubernur Aceh Nonaktif Irwandi Yusuf Jadi Tersangka Kasus Gratifikasi Dermaga Sabang

Kalla mencontohkan, beberapa kota yang mampu menunjukan perubahan yang positif dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya, Kota Bandung, Kota Surabaya, dan Banyuwangi.

Ia menuturkan, kemajuan kota-kota tersebut berkat kepemimpinan yang kreatif dan inovatif. Hal inilah yang harus dicontoh oleh daerah-daerah lain.

Baca: Wabup Lembata Lepas Relawan ke Palu, Membawa Bantuan Kemanusiaan

Tak lupa, Kalla mengingatkan, kreativitas dan inovasi untuk pengembangan kota harus sinergi dengan perkembangan teknologi saat ini.

Kalla memahami, semua pemimpin memiliki gaya memimpin masing-masing. Namun, gaya kepemimpinan itu diharapkan bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Ada yang suka senyum, suka marah, suka apa, beda-beda. Tapi ada yang berdasarkan SK saja, 'pokoknya saya pemimpin, mau apa kamu?'," kata dia.

"Jadi itu berbeda-beda tetapi harus disesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini," sambung dia. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help